TRIO, DIDIN ERMAWAN (2019) APLIKASI PENGENALAN PERANGKAT SEPEDA MOTOR MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY. Sarjana thesis, Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia.
Text
ABSTRAK.docx Download (29kB) |
|
Text
BAB I.docx Restricted to Registered users only Download (32kB) |
|
Text
BAB II.docx Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Registered users only Download (28kB) |
Abstract
Kata kunci:Aplikasi, Pengenalan, Sepeda Motor, Augmented Reality.Saat ini masalah yang sedang dihadapi oleh sekolah menengah kejuruan terutama jurusan teknik otomotif adalah keterbatasan alat peraga yang ada disekolah, dikarenakan biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli suatu alat peraga cukup mahal. Dengan jumlah alat peraga yang sedikit sedangkan jumlah siswa yang banyak akan mengakibatkan proses pembelajaran kurang maksimal, hal tersebut tidak menutup kemungkinan ada beberapa siswa yang kurang paham saat proses pembelajaran. Dari permasalahan di atas, teknologi baru sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, akan dibuat aplikasi pengenalan perangkat sepeda motor yang menerapkanteknologi Augmented Realitysebagai penunjang pembelajaran.Teknologi tersebut merupakan salah satu teknologi yang menerapkan dunia visual ke dalam dunia nyata yangberjalan secara interaktif dalam waktu nyata (realtime), dan gambar dibuat secara 3 dimensi agar terlihat lebih nyata. Aplikasi tersebut akan membantu peserta didik dalam proses belajar tentang sepeda motor, mulai dari bodi, kerangka, kelistrikan hingga mesin sampai ke dalam bagian mesin motor tersebut.Dalam penulisan mengumpulkan data yang dibutuhkan melalui buku, internet dan media cetak.Setelah menyelesaikan serangkaian tahapan dalam merancang dan mengimplementasikan aplikasi pengenalan perangkat sepeda motor menggunakan teknologi Augmented Reality hingga tahap pengujian aplikasi, maka dapat diambil beberapa kesimpulan. Pada tahapan pengujian jarak dan sudut dapat diambil kesimpulan aplikasi ini akan berjalan dengan baik ketika kamera augmented reality berjarak 25 cm dari marker dan pada sudut antara 90 derajat sampaisudut minimal30 derajat. Berdasarkan uji kuesioner dari 24 responden terhadap aplikasi pengenalan perangkat sepeda motor menggunakan teknologi augmented reality , maka dapat diambil kesimpulan bahwa aplikasi tersebut dapat berfungsi sesuai dengan yang diharapkan dan dapat menunjang pembelajaran pada siswa SMK jurusan Teknik Bengkel dan Sepeda Motor (TBSM).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Applied computing > Education |
Divisions: | Engineering Sciences |
Depositing User: | Unnamed user with username editor_perpustakaan |
Date Deposited: | 05 Aug 2020 07:14 |
Last Modified: | 12 Aug 2021 08:58 |
URI: | http://repository.stiki.ac.id/id/eprint/1431 |
Actions (login required)
View Item |