Maria, Teresa Novarina (2020) PERANCANGAN KOMIK EDUKASI BORDERLINE PERSONALITY DISORDER UNTUK LULUSAN SMA. Sarjana thesis, Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia.
Text
Abstrak.docx Download (14kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (47kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (2MB) |
|
Text
BAB III.docx Download (123kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (26MB) |
|
Text
BAB V.docx Download (41kB) |
Abstract
Gangguan kepribadian ambang dapat didiagnosa dengan beberapa kriteria diagnosis namun kurangnya pemahaman masyarakat di Indonesia terhadap pentingnya kesehatan mental sendiri membuat penderita semakin kesulitan untuk mendapatkan penanganan yang baik dimana dapat dilihat dari beberapa kasus pemasungan penderita gangguan mental lain. Media yang menampilkan contoh kejadian dan gejala dapat membantu masyarakat untuk memahami apa yang sebenarnya terjadi pada penderita gangguan kepribadian ambang, maka komik merupakan media yang tepat dalam penyampaian informasi terkait arti, penyebab, gejala, serta bagaimana menanganinya karena disertai dengan gambar yang dapat menampilkan perasaan penderita gangguan kepribadian ambang secara lebih detail. Metode perancangan menggunakan metode milik Sadjiman Ebdi Sanyoto, teknik pengumpulan data adalah wawancara dan studi literatur, dengan analisa data menggunakan 5w+1H. Hasil perancangan komik “Borderline Personality Disorder” berupa digital dan memiliki media pendukung utama berupa buku komik dengan style manga berukuran A5 dengan jumlah 85 halaman, berisi 5 chapter, dalam setiap chapter berisi 15 halaman, cover berwarna, pemisah chapter berwarna dan isi komik berupa monochrome hitam putih.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Applied computing > Arts and humanities |
Divisions: | Visual Communication Design |
Depositing User: | Unnamed user with username editor_perpustakaan |
Date Deposited: | 02 Mar 2021 07:20 |
Last Modified: | 12 Aug 2021 04:42 |
URI: | http://repository.stiki.ac.id/id/eprint/1475 |
Actions (login required)
View Item |