EKSPLORASI PUNOKAWAN DALAM PERANCANGAN ASSET GAME BERGAYA CHIBI UNTUK GENERASI MUDA SEBAGAI UPAYA PELESTARIAN BUDAYA NUSANTARA

Syaiful, Anwar (2020) EKSPLORASI PUNOKAWAN DALAM PERANCANGAN ASSET GAME BERGAYA CHIBI UNTUK GENERASI MUDA SEBAGAI UPAYA PELESTARIAN BUDAYA NUSANTARA. Sarjana thesis, Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia.

[img] Text
Abstrak.docx

Download (23kB)
[img] Text
BAB I.docx
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.docx
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
BAB IV.doc
Restricted to Repository staff only

Download (30MB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Registered users only

Download (29kB)
Official URL: https://stiki.ac.id

Abstract

Permainan mobile adalah permainan yang dapat dimainkan di fitur telepon, smartphone /tablet, smartwatch, dan portable media player atau graphing calculator. Diperlukan aset game untuk mengembangkan sebuah game. Penelitian ini bertujuan untuk merancang aset game yang diperlukan untuk permainan Mobile Ponokawan. Penelitian ini menggunakan metode perancangan yang bersumber dari metode perancangan Sanyoto (2006). Konsep perancangan dalam penelitian ini meliputi Thumbnail Layout, Rough Layout, dan Comprehensive Layout. Desain final dalam penelitian ini berupa asset game Ponokawan. Sumber data yang digunakan dalam peneltian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer berupa data yang diambil dari hasil observasi dan telaah pustaka melalui buku Rupa dan Karakter Wayang Purwa, Sedangkan untuk data sekunder berupa referensi buku, jurnal penelitian yang sudah ada, dan mencari artikel-artikel yang terdapat di internet. Analisa data menggunakan rumus 5W+1H (Who, What, When, Where, Why, dan How). Berdasarkan hasil pengamatan selama perancangan, implementasi, dan proses pengujian yang dilakukan, maka diambil kesimpulan bahwa perancangan asset game Ponokawan ini meliputi sprite, spriteset, tileset, icon, dan user interface yang kemudian dapat digunakan untuk pengembangan permainan mobile Ponokawan. Desain karakter yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain karakter chibi yang lucu, sebagai aset untuk menarik minat para pengguna game mulai dari usia 8 tahun, atau yang sudah bisa mengoperasikan Smartphone. Karakter yang digunakan dalam perancangan ini meliputi Bagong, Semar, Petruk dan Gareng yang di desain menggunakan Corel Draw dan Adobe Photoshop. Penyajian desain Asset game dengan menggunakan Adobe animated CC 2018 Selanjutnya penelitian ini diharapkan mampu dijadikan sebagai acuan untuk mengembangkan permainan mobile Ponokawan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Game > Educative Game
Divisions: Visual Communication Design
Depositing User: Unnamed user with username editor_perpustakaan
Date Deposited: 03 Mar 2021 04:00
Last Modified: 12 Aug 2021 05:11
URI: http://repository.stiki.ac.id/id/eprint/1478

Actions (login required)

View Item View Item