APLIKASI PENDUKUNG KEPUTUSAN PERBAIKAN SERTA PENYEDIA JASA SERVICE KOMPUTER DAN LAPTOP MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES.

Rifki, Pramoendhito Putra (2020) APLIKASI PENDUKUNG KEPUTUSAN PERBAIKAN SERTA PENYEDIA JASA SERVICE KOMPUTER DAN LAPTOP MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES. Sarjana thesis, Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (14kB)
[img] Text
BAB I.docx
Restricted to Registered users only

Download (21kB)
[img] Text
BAB II.docx
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Registered users only

Download (15kB)
Official URL: http://stiki.ac.id

Abstract

Kata Kunci :Komputer, Aplikasi, Pendukung, Keputusan, Perbaikan, Komputer dan laptop merupakan perangkat keras yang sering digunakan untuk kegiatan belajar siswa siswi di sekolah. Baik kegiatan pembelajaran biasa maupun digununakan untuk ujian baik itu ujian biasa ataupun ujian nasional. Sistem pembelajan yang berkembang harusnya diimbangi dengan perangkat yang baik dengan tambahan tenaga operator yang baik pula. Masalah muncul jika perangkat yang digunakan siswa mengalami kerusakan dan ditambah ketidakmampuan operator untuk mengatasi masalah yang muncul seketika itu juga. Perlunya dibuat suatu aplikasi pendukung keputusan berbasis android yang menggunakan pengetahuan, fakta dan teknik penalaran dalam memecahkan masalah. Pada penulisan tugas akhir ini akan menggali informasi dari penelitian–penelitian sebelumnya yang telah dilakukan sebagai bahan untuk rujukan dari penelitian yang terbaru. Salah satunya ialah penelitian farizi (2014) yang berjudul sistem pakar untuk mendiagnosa kerusakan komputer dengan metode forward chaining dan penelitian lainya. Naïve bayes dipilih sebagai metode klasifikasi untuk menentukan kerusakan berdasarkan probabilitas gejala yang terjadi. Dibuatnya solusi perbaikan yang terstruktur dari faktor eksternal ke internal yang mudah dipahami pengguna juga sangat perlu dilakukan untuk menunjang keberhasilan dalam proses perbaikan secara mandiri. Pada penelitian ini mengambil studi kasus pada SMP Negeri 2 Mojosari yang berlokasi di jalan S. Parman Ds. Modopuro Kec. Mojosari Kab. Mojokerto – Jawa Timur, di mana dalam instansi sekolah tersebut nantinya akan diambil data berupa informasi tentang gejala kerusakan komputer/laptop dan kerusakan yang sering terjadi serta penetapan solusi perbaikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Computing methodologies > Parallel computing methodologies
Divisions: Engineering Sciences
Depositing User: Unnamed user with username editor_perpustakaan
Date Deposited: 19 Mar 2021 07:28
Last Modified: 19 Mar 2021 07:28
URI: http://repository.stiki.ac.id/id/eprint/1506

Actions (login required)

View Item View Item