SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN REKOMENDASI M-COMMERCE MENGGUNAKAN FUZZY MS-QUAL

Ashlih, Qurota A’yuni (2019) SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN REKOMENDASI M-COMMERCE MENGGUNAKAN FUZZY MS-QUAL. Sarjana thesis, Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (38kB)
[img] Text
BAB I.docx
Restricted to Registered users only

Download (57kB)
[img] Text
BAB II.docx
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (906kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (758kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
Official URL: https://stiki.ac.id

Abstract

Masyarakat Indonesia saat ini, masih kekurangan sumber dalam memilih m-commerce yang dapat dipercaya berdasarkan pengalaman empiris pengguna lain sebelumnya, banyak sekali pengguna m-commerce yang mendapatkan pengalaman kurang baik saat melakukan belanja online pertama kalinya. Dalam hal ini, pengukuran kualitas layanan sangatlah penting, agar pengguna mengetahui m-commerce yang direkomendasikan. Penelitian ini menggunakan metode Mobile Service Quality (M-S-QUAL) untuk mendapatkan rekomendasi m-commerce. Kelebihan menggunakan metode ini yaitu lebih mudah untuk menangkap persepsi atau pandangan dari hasil pengumpulan data dengan kuisioner, dan juga unggul untuk menentukan variabel-variabel mana yang harus lebih diperhatikan untuk meningkatkan pelayanan. Metode Fuzzy juga digunakan dalam penelitian ini dengan tujuan dapat mencegah masalah pandangan individu yang tidak pasti atau (samar) terhadap penilaian persepsi dan harapan yang diinginkan. Hasil dari pengolahan data menggunakan Fuzzy Mobile Service Quality diperoleh hasil yang memiliki gap dari yang terkecil hingga terbesar yang dapat menentukan tingkat rekomendasi m-commerce. M-Commerce yang paling direkomendasikan adalah m-commerce dengan gap terkecil, yang artinya nilai harapan dan persepsi pengguna m-commerce hampir berdekatan. M-commerce dengan nilai gap terkecil adalah Tokopedia dengan rata-rata gap sebesar -0,11.M-commerce dengan nilai gap terbesar adalah Blibli dengan rata-rata gap sebesar -0,43. Dari hasil perhitungan gap secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa persepsi atau layanan yang diterima oleh pengguna m-commercetidak sesuai dengan harapan pengguna m-commerce.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Information system > Information retrieval
Divisions: Engineering Sciences
Depositing User: Unnamed user with username editor_perpustakaan
Date Deposited: 16 Apr 2021 08:30
Last Modified: 13 Aug 2021 15:00
URI: http://repository.stiki.ac.id/id/eprint/1566

Actions (login required)

View Item View Item