APLIKASI TES BUTA WARNA BERBASIS VIRTUAL REALITY

Moh, Alek Mustofa (2020) APLIKASI TES BUTA WARNA BERBASIS VIRTUAL REALITY. Sarjana thesis, Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia.

[img]
Preview
Text
05. ABSTRAK.pdf

Download (34kB) | Preview
[img] Text
13. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[img] Text
14. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
15. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (987kB)
[img] Text
16. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
17. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
Official URL: http://stiki.ac.id

Abstract

Kata Kunci : Buta Warna, Metode Ishihara, Virtual Reality, Headset Virtual Reality. Kesehatan merupakan anugrah terindah yang diberikan oleh Allah SWT. Apalagi kesehatan yang berhubungan dengan mata. Salah satu penyakit yang banyak ditemui pada masyarakat adalah buta warna. Buta warna merupakan keadan dimana mata seseorang tidak dapat membedakan beberapa warna yang dapat dilihat oleh mata orang normal. Terdapat beberapa metode tes yang digunakan untuk mendeteksi buta warna, diantaranya yaitu Tes Metode Ishihara. Tes Metode Ishihara merupakan tes yang digunakan untuk mendeteksi gangguan persepsi warna, berupa tabel khusus yaitu lembaran pseudoisokromatik yang disusun oleh titik-titik dengan kepadatan warna berbeda yang dapat dilihat dengan mata normal, tapi tidak bisa dilihat oleh mata yang mengalami defisiensi sebagian warna. Dengan metode ishihara dapat diketahui golongan buta warna yang diderita. Buta warna terbagi menjadi dua macam yaitu buta warna total dan buta warna parsial. Perkembangan teknologi pada era saat ini tidak dapat dibendung lagi banyak teknologi yang bermunculan, salah satunya yaitu Virtual Reality. Terknologi virtual reality menyediakan pengalaman yang berbeda yaitu membawa sesorang kedalam dunia virtual yang menyerupai dunia nyata. Pemanfaatan teknologi ini sudah banyak digunakan mulai dari aspek kesehatan, pemetaan wilayah, arsitektur bangunan, dan banyak permainan smartphone yang mendukung teknologi ini. Dengan semakin populernya penggunaan smarphone pada masyarakat, maka pembuatan aplikasi tes buta warna berbasis virtual reality diharapkan dapat membantu semua orang yang membutuhkan. Untuk pengoperasian aplikasi ini membutuhkan alat bantu yang lain yaitu berupa headset virtual reality. Aplikasi dari pengetesan ini dapat menampilkan objek 3D, sehingga akan semakin menarik pada saat melakukan penggunaan aplikasi ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Applied computing > Life and medical sciences
Divisions: Engineering Sciences
Depositing User: Unnamed user with username editor_perpustakaan
Date Deposited: 01 Nov 2021 05:06
Last Modified: 01 Nov 2021 05:06
URI: http://repository.stiki.ac.id/id/eprint/1595

Actions (login required)

View Item View Item