SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI TATA KELOLA DOKUMEN MINUTA BERBASIS WEB PADA KANTOR NOTARIS DAN PPAT MUHAMMAD HARIS FATHONY, SH., M.KN

Anisa’, Shihhatin Sholihah (2020) SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI TATA KELOLA DOKUMEN MINUTA BERBASIS WEB PADA KANTOR NOTARIS DAN PPAT MUHAMMAD HARIS FATHONY, SH., M.KN. Sarjana thesis, Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (37kB)
[img] Text
BAB I.docx
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[img] Text
BAB II.docx
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Registered users only

Download (38kB)
Official URL: https://stiki.ac.id

Abstract

Seperti halnya pendataan minuta yang masih menggunakan cara manual (tulis tangan) sangatlah rawan bagi suatu lembaga hukum atau instansi pemerintah, karena dapat disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Mempunyai banyak dokumen kadang merepotkan, terutama pada saat ingin mencari bentuk fisik dari dokumen yang dibutuhkan secara cepat dan tepat. Permasalahan yang sering terjadi adalah proses pengelolaan dokumen yang sering terhambat sebab tidak adanya petugas khusus yang menangani penyimpanan dokumen tersebut dan juga untuk mengkontrol dokumen atau menata serta mengelola dokumen yang belum terstruktur sehingga bagian dokumentasi kewalahan dalam hal ini tidak dapat mengetahui kelengkapan dokumen minuta yang ada di lemari penyimpanan berkas dokumen. Hal ini mengakibatkan pada saat adanya petugas auditor yang melakukan audit di Kantor Notaris dan PPAT Muhammad Haris Fathony, SH., M.Kn sering kewalahan untuk mendata kelengkapan dokumen minuta. Permasalahan tersebut cukup representatif sehingga mendorong penulis untuk melakukan penelitian dan merancang pembuatan sistem informasi administrasi tata kelola dokumen minuta yang diharapkan dapat mempermudah pengelolaan dokumen minuta yang ada pada lemari penyimpanan berkas dokumen dengan memberikan laporan–laporan yang dibutuhkan pada waktu yang sudah ditentukan untuk mempermudah proses pelaporan data guna melancarkan proses audit notaris dengan auditor. Dengan memperhatikan protokol hukum yang berlaku pada Kantor Notaris dan PPAT Muhammad Haris Fathony, SH., M.Kn serta permasalahan yang ada saat ini maka penulis memutuskan untuk melakukan penelitian dan merancang pembuatan sistem informasi administrasi tata kelola dokumen minuta ini dengan menggunakan metode studi pustaka, kajian dilakukan secra online di internet dan juga wawancara langsung dengan notaris, penyebaran kuisioner kepada para pegawai. Hasil dari penelitian ini adalah berupa sistem informasi administrasi yang dibangun berbasis web dengan sample dokumen yang jadi objek dari penelitian ini adalah terletak di Kantor Notaris dan PPAT Muhammad Haris Fathony, SH., M.Kn dalam kurun waktu 1 (satu) bulan terakhir dan isi keseluruhan menggunakan bahasa Indonesia dengan jumlah minuta 100 hingga 300 dokumen. Adapun dokumen minuta yang didokumentasikan memiliki penulisan ejaan sesuai dengan standar yang telah disahkan. Sistem informasi ini menyediakan fitur registrasi, login, informasi alur order, pegawai, order, penjadwalan, minuta, dan fitur laporan. Bahasa pemrograman yang dipakai dalam pembuaan aplikasi ini adalah PHP dan untuk DBMS yang digunakan adalah MySQL.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Information system > Data management systems
Divisions: Engineering Sciences
Depositing User: Unnamed user with username editor_perpustakaan
Date Deposited: 24 Jan 2022 07:55
Last Modified: 24 Jan 2022 07:57
URI: http://repository.stiki.ac.id/id/eprint/1655

Actions (login required)

View Item View Item