Kurniawan, Rahmat (2020) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED PROJECT BASED LEARNING UNTUK MAHASISWA SLOWLEARNER. REFLEKSI EDUKATIKA : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10 (2). pp. 144-153. ISSN ISSN: 2087-9385 (print) dan 2528-696X (online)
Text (cover)
1. Cover.pdf - Published Version Download (673kB) |
|
Text (publikasi ilmiah)
Dokumen Publikasi.pdf Download (1MB) |
|
Text (Peer Review)
3. Peer Review.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (plagiarisme)
Cek Plagiarisme.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan model pembelajaran Guided Project Based Learning yang diimplemntasikan untuk mahasiswa slow learner atau lamban belajar maupun mahasiswa normal dalam satu rombongan belajar. Model ini diterapkan dalam mata kuliah Multimedia II pada program studi desain komunikasi visual STIKI Malang selama lima pertemuan. Metode pengembangan untuk menyusun model pembelajaran Guided Project Based Learning ini menggunakan ADDIE model yang dikembangkan oleh Dick & Carey. Langkah-langkah pengembangan model pembelajaran menggunakan model pengembagan ADDIE terdiri dari 5 langkah, yaitu: 1) Analisys, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, 5) Evaluation. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa desain komunikasi visual semester 5 dimana terdapat mahasiswa slowlearner. Data dikumpulkan dengan cara melakukan pemetaan melalui tahapan tes psikologi. Hasil pemetaan ditemukan 1 mahasiswa berkebutuhan khusus bertipe slow learner. Implementasi model GPBL membuktikan mahasiswa dapat memahami materi dan mengikuti secara sistematis perancangan game sederhana. Selain itu, mahasiswa tersebut secara aktif mampu menjelaskan konsep-konsep perancangan game.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Applied computing > Education |
Divisions: | Visual Communication Design |
Depositing User: | Unnamed user with username editor_perpustakaan |
Date Deposited: | 07 Jul 2022 04:58 |
Last Modified: | 07 Jul 2022 04:58 |
URI: | http://repository.stiki.ac.id/id/eprint/1679 |
Actions (login required)
View Item |