Dana, Prisma Wijayadi (2021) PERANCANGAN TUTORIAL PENGENALAN TUMBUHAN LANGKA MENGGUNAKAN TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY BERBASIS MOBILE. Sarjana thesis, Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia.
Text
171111035.pdf Download (14MB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (35kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (49kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (549kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (521kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
BAB V.docx Download (33kB) |
Abstract
Tumbuhan langka adalah suatu kondisi dari populasi tumbuhan yang hampir punah. Melalui pembelajaran ilmu pengetahuan alam yang ada di sekolah dasar, siswa diharapkan dapat mengetahui adanya tumbuhan langka yang harus dijaga dan dilestarikan agar tidak punah. Dalam penerapannya di sekolah, pelajaran tentang tumbuhan langka masih menggunakan media buku dan gambar(poster). Dalam pembelajaran siswa mengalami kesulitan untuk memvisualisaikan objek tumbuhan langka. Oleh karena itu, perlu adanya media pembelajaran yang dapat mengenalkan tumbuhan langka secara lebih lengkap dan dapat memberi gambaran materi secara visual kepada para siswa, salah satunya melalui teknologi Virtual Reality. Teknologi Virtual Reality dapat menghasilkan lingkungan yang disimulasikan mirip seperti dunia nyata yang dibuat dengan tujuan untuk menghasilkan pengalaman yang menyamai dengan dunia nyata. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan Unity sebagai game engine. Pada aplikasi ini terdapat 2 menu yaitu menu jelajah tumbuhan langka dan detail tumbuhan langka. Pada menu jelajah tumbuhan langka user dapat menjelajah tumbuhan langka pada habitatnya, pada menu ini juga terdapat informasi dan kuis tentang tumbuhan langka. Pada menu detail tumbuhan user akan disajikan dengan tampilan objek tumbuhan langka sealain itu pada menu ini juga terdapat informasi dan kuis tentang detail tumbuhan langka. Pada penelitian ini penulis menggunakan pengujian black box untuk memastikan semua input dan output pada aplikasi dapat berfungsi dan didapat hasil bahwa semua fungsi input dan output dapat berfungsi dengan baik selain itu penulis juga membuat kuisioner untuk mengetahui apakah aplikasi ini dapat berjalan dengan baik dan apakah aplikasi dapat meberikan manfaat kepada siswa atau pengguna guna membantu pembelajaran ilmu pengetahuan alam, dan dari kuisioner yang diikuti oleh 37 responden yang terdiri dari guru dari mata pelajaran ilmu pengetahuan alam, siswa sd kelas 6 dan orang tua wali dari siswa kelas 6 sd didapat hasil bahwa aplikasi ini dapat membantu pembelajaran ilmu pengetahuan alam.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Android > Botany |
Divisions: | Engineering Sciences |
Depositing User: | Unnamed user with username editor_perpustakaan |
Date Deposited: | 21 Apr 2022 04:19 |
Last Modified: | 01 Jul 2024 06:11 |
URI: | http://repository.stiki.ac.id/id/eprint/1698 |
Actions (login required)
View Item |