RANCANG BANGUN APLIKASI AUGMENTED REALITY GUNA PENGENALAN JENIS KUCING PELIHARAAN

Rusmadeta, Okta Nugraha (2022) RANCANG BANGUN APLIKASI AUGMENTED REALITY GUNA PENGENALAN JENIS KUCING PELIHARAAN. Sarjana thesis, Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (41kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (64kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (447kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (38kB)
Official URL: https://stiki.ac.id

Abstract

Hasil survei yang dilakukan oleh Rakuten Inisight pada tahun 2018, Indonesia menjadi pemelihara kucing terbanyak di asia dengan responden 47%, tidak semua orang belum mengenal jenis kucing yang dipeliharanya, terutama yang kurang popular. Penelitian yang dilakukan untuk mengenal jenis kucing dengan merancang aplikasi Augmented Reality menggunakan software unity 3D dan metode markernya menggunakan Marker Based Tracking dan system operasinya menggunakan smartphone android. Dalam Aplikasi ini memiliki menu mulai pengenalan, kuis, download marker, keluar, info tentang kami, dan petunjuk. Saat menjalankan aplikasi, menu pengenalan akan menampilkan jenis kucing kemudian pengguna dapat memilih salah satu jenis kucing akan menampilkan deskripsi jenis kucing seperti sejarah penemuannya jenis kucing dan terdapat scan marker Augmented Reality berdasarkan jenis kucing akan mengeluarkan visual jenis kucing berbentuk 3D dan terdapat fitur yang bisa mengeluarkan ciri ciri jenis kucing beserta suara penjelasan. Selain itu juga terdapat fitur kuis untuk memperkuat pemahaman pengguna tentang jenis kucing dan menu petunjuk yang berisikan cara menggunakan aplikasi. Setelah menggunakan Aplikasi Augmented Reality ini, dari 33 responden menunjukan bahwa 19 responden atau 57,6 % sangat memahami jenis kucing, 12 responden atau 36,4 % memahami jenis kucing, dan 2 responden atau 6,1 % cukup memahami jenis kucing. Aplikasi pengenalan jenis kucing peliharaan dengan menggunakan teknologi augmented reality berbasis Android dapat berfungsi dengan baik, Aplikasi Pengenalan Jenis Kucing Peliharaan menggunakan Augmented Reality Berbasis Android berhasil Dibuat di Unity 3D. Objek akan muncul di ketinggian antara 23 cm sampai 25 cm, dan kemiringan di 45.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Human-centered computing > Human computer interaction (HCI) > Interaction paradig > Augmented Reality
Divisions: Engineering Sciences
Depositing User: Unnamed user with username editor_perpustakaan
Date Deposited: 14 Aug 2023 04:00
Last Modified: 14 Aug 2023 04:02
URI: http://repository.stiki.ac.id/id/eprint/1839

Actions (login required)

View Item View Item