SISTEM LAYANAN INFORMASI DAN AKADEMIK DENGAN FITUR CHATBOT

Kemas, Abror Tri Wahyuwono (2023) SISTEM LAYANAN INFORMASI DAN AKADEMIK DENGAN FITUR CHATBOT. Sarjana thesis, Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia.

[img] Text
181111055_Kemas Abror Tri Wahyuwono.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (455kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (141kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (358kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (86kB)
Official URL: https://stiki.ac.id

Abstract

Chatbot telah menjadi salah satu solusi yang efektif dalam menyediakan layanan informasi dan akademik secara interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan fitur chatbot berbasis website untuk pelayanan informasi dan akademik di Kabupaten Trenggalek. Pembuatan chatbot memanfaatkan platform dialogflow untuk pemahaman bahasa alami dan pemberian jawaban yang tepat. Data layanan informasi dan akademik terkait sekolah di Kabupaten Trenggalek diintegrasikan ke dalam sistem dan penambahan fitur chatbot, sehingga pengguna dapat dengan mudah memperoleh informasi yang dibutuhkan. Untuk memastikan bahwa program berfungsi dengan benar. Pengujian black box pada sistem website dan chatbot dilakukan untuk memastikan bahwa program berfungsi dengan baik. Selain dilakukan pengujian black box, untuk memperkuat hasil implementasi chatbot, dilakukan juga pengujian User Acceptance Testing. UAT dilakukan dengan melibatkan 40 responden warga masyarakat sebagai representasi pengguna potensial chatbot dan website dengan 20 pertanyaan yang mengacu pada penggunaan fitur fitur yang berada pada chatbot dan website. Hasil pengujian menunjukkan tingkat keberhasilan sebesar 93%, yang menandakan penerimaan yang tinggi dan kepuasan pengguna terhadap chatbot. Dengan adanya chatbot ini, masyarakat Kabupaten Trenggalek dapat dengan mudah memperoleh informasi terkini tentang acara, berita, lokasi, dan layanan akademik yang tersedia. Chatbot juga dapat mengurangi beban petugas dalam memberikan informasi kepada pengguna.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Others
Divisions: Engineering Sciences
Depositing User: Unnamed user with username editor_perpustakaan
Date Deposited: 02 Jul 2024 03:24
Last Modified: 02 Jul 2024 03:24
URI: http://repository.stiki.ac.id/id/eprint/2162

Actions (login required)

View Item View Item