PENGEMBANGAN GAME RPG “HUNTER’S RETURN” DENGAN MEMANFAATKAN METODE BEHAVIOR TREE PADA KARAKTER NON PEMAIN (NPC)

Rahmat Hidayat, Syukri (2023) PENGEMBANGAN GAME RPG “HUNTER’S RETURN” DENGAN MEMANFAATKAN METODE BEHAVIOR TREE PADA KARAKTER NON PEMAIN (NPC). Diploma thesis, Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia.

[img] Text
181221045 RAHMAT HIDAYAT SYUKRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (463kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (224kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (252kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (955kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (149kB)
Official URL: https://stiki.ac.id

Abstract

Game elektronik yang dikemas dalam bentuk multimedia yang indah dan menarik, diciptakan untuk memberikan kepuasan dan kesenangan kepada player melalui interaksi dan kompetisi yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan game Role¬-Playing Game (RPG) yang berjudul "Hunter's Return" yaitu game yang bertemakan aksi dan penyelamatan dimana game ini terdapat misi untuk mengumpulkan kunci dan meningkatkan level agar dapat menyelamatkan para penduduk dari penindasan musuh. Adapun metode atau kecerdasan buatan yang diterapkan dalam penelitian ini menggunakan Behavior Tree (BT), yaitu sebuah metode yang memanfaatkan pohon berakar dengan setiap daun pohon menandakan aksi dan kondisi dimana tiap simpulnya disebut dekorator, urutan dan pengatur. Sebagai sebuah metode yang memanfaatkan pohon berakar penerapan Behavior Tree sangat mudah dan cocok diterapkan pada sebuah game. Pengujian pada NPC yang dibangun dengan memanfaatkan Behavior Tree terbukti sangat mudah dan sederhana untuk diimplementasikan hanya terdapat 2 sequence untuk mengeksekusi task yang terdapat pada penelitian sebelumnya. Mengacu dari penelitian sebelumnya pembahruan yang terdapat pada game “Hunter’s Return” ini dapat terlihat pada perilaku NPC terhadap player dengan melakukan strafe movement yaitu perilaku NPC melakukan pergerakan ke samping dan pandangan NPC akan tetap fokus ke player sebelum NPC bergerak menuju player lalu melakukan serangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Information system > Data management systems
Divisions: Informatics Management
Depositing User: Unnamed user with username editor_perpustakaan
Date Deposited: 04 Jul 2024 08:40
Last Modified: 04 Jul 2024 08:58
URI: http://repository.stiki.ac.id/id/eprint/2176

Actions (login required)

View Item View Item