APLIKASI “AUTONOTIF” BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN WHATSAPP UNTUK MEMBANTU PROSES PENJUALAN DI JV PARTNER INDONESIA

Muhamad, Ferdianto (2023) APLIKASI “AUTONOTIF” BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN WHATSAPP UNTUK MEMBANTU PROSES PENJUALAN DI JV PARTNER INDONESIA. Sarjana thesis, Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia.

[img] Image
201116007_Muhamad Ferdianto.jpg

Download (497kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (316kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (464kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (612kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (862kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (291kB)
Official URL: https://stiki.ac.id

Abstract

Dalam era digital yang semakin berkembang, komunikasi yang efektif dan efisien menjadi kunci utama dalam meningkatkan pengalaman pengguna dan loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan layanan notifikasi otomatis menggunakan WhatsApp sebagai alternatif pengganti notifikasi melalui SMS yang pada masa ini sering hanya dianggap sebagai spam atau promosi dan email yang memiliki tingkat baca rendah pada sebuah website penjualan. Pemilihan WhatsApp untuk layanan notifikasi adalah agar pelanggan dapat menerima notifikasi pada aplikasi yang lebih familiar dan mudah untuk diakses oleh pelanggan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan WhatsApp sebagai platform notifikasi memberikan beberapa keunggulan signifikan dibandingkan SMS dan email, seperti tingkat keterbacaan pesan yang lebih tinggi, respons pengguna yang lebih cepat, dan biaya operasional yang lebih rendah. Sistem notifikasi otomatis ini dirancang untuk mengirimkan berbagai jenis pesan, termasuk konfirmasi pesanan, pembaruan status pengiriman, serta promosi dan penawaran khusus. Melalui integrasi REST API Autonotif dengan website penjualan, proses pengiriman notifikasi menjadi lebih terautomasi dan dapat disesuaikan dengan preferensi pengguna. Pada penelitian ini disimpulkan bahwa layanan notifikasi otomatis menggunakan WhatsApp tidak hanya dapat menggantikan SMS dan email secara efektif tetapi juga meningkatkan kualitas layanan dan pengalaman pengguna pada website penjualan. Rekomendasi untuk penelitian lanjutan mencakup pengembangan layanan menjadi layanan terpisah yang dapat dikomersilkan dan digunakan oleh pengguna umum dan pengembangan fitur chatbot sebagai virtual assistant yang dapat semakin membantu untuk meningkatkan layanan atau dukungan terhadap pelanggan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Information system > Data management systems
Divisions: Engineering Sciences
Depositing User: Unnamed user with username editor_perpustakaan
Date Deposited: 19 Sep 2024 02:21
Last Modified: 07 Nov 2024 06:28
URI: http://repository.stiki.ac.id/id/eprint/2267

Actions (login required)

View Item View Item