Kusuma, Rafael Ganda (2025) PERANCANGAN GAME EDUKASI ADVANCED SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PENGGUNA DALAM MENGENAL DASAR - DASAR IOT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS BHINNEKA NUSANTARA.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (259kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (323kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (513kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (770kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (183kB) |
Abstract
Internet of Things (IoT) merupakan teknologi yang berkembang pesat dan memiliki peran penting dalam kehidupan modern, namun pemahaman dasar mengenai IoT masih terbatas di kalangan masyarakat. Untuk mengatasi masalah ini, penelitian ini bertujuan merancang game edukasi berbasis petualangan menggunakan aplikasi RPG Maker MV sebagai media pembelajaran interaktif. Analisis dilakukan melalui studi literatur, perancangan alur cerita dan mekanisme permainan, pengembangan game dengan RPG Maker MV, serta pengujian kepada pengguna menggunakan kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game edukasi ini mampu meningkatkan pemahaman dan minat pengguna dalam mempelajari IoT, dengan mayoritas responden merasa lebih tertarik dan mudah memahami konsep yang disampaikan melalui pengalaman bermain. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa game edukasi berbasis RPG dapat menjadi alternatif pembelajaran yang menarik dan efektif. Saran untuk pengembangan lebih lanjut adalah menambahkan simulasi interaktif dan tantangan yang lebih kompleks agar pengalaman belajar lebih mendalam dan aplikatif.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Information system > Data management systems |
| Divisions: | Engineering Sciences |
| Depositing User: | Unnamed user with username editor_perpustakaan |
| Date Deposited: | 05 Dec 2025 05:55 |
| Last Modified: | 05 Dec 2025 05:55 |
| URI: | http://repository.stiki.ac.id/id/eprint/2476 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
