PENGEMBANGAN INSTRUMENT PSIKOLOGI COLOR PROGRESSIVE MATRICE BERBASIS WEB UNTUK MENGUKUR TARAF KECERDASAN PADA ANAK

Agstriningtyas, Alvionitha Sari (2017) PENGEMBANGAN INSTRUMENT PSIKOLOGI COLOR PROGRESSIVE MATRICE BERBASIS WEB UNTUK MENGUKUR TARAF KECERDASAN PADA ANAK. Sarjana thesis, Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia(STIKI) MALANG.

[img]
Preview
Text
5. Abstrak.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (86kB) | Preview
Official URL: http://stiki.ac.id

Abstract

Kata Kunci : Tes Psikologi, Color Progressive Matrice, Aplikasi Psikologi Tes Color Progressive Matrice merupakan salah satu metode test dalam psikologi yang menggunakan gambar dan bentuk untuk mengukur taraf kecerdasan pada anak. Dalam pelaksanaannya, tes Color Progressive Matrice masih menggunakan kertas. Proses tes manual ini menyebabkan penyelenggara tes harus menyediakan print-out tes dan terkadang terdapat hasil tes yang sama antar peserta serta masih manual dalam proses koreksi. Hal ini memungkinkan terjadinya kesalahan dalam proses koreksi maupun penghitungan dan pencocokan pada tabel kecerdasan. Aturan skoring yang digunakan merupakan pakem dalam kaidah Psikologi. Hasil dari pembuatan sistem pengembangan tes Color Progressive Matrice ini adalah sebuah sistem yang dapat menyajikan tes secara komputerisasi, proses koreksi yang dapat dilakukan secara otomatis, penghitungan raw score yang tepat serta pelaporan otomatis kepada orangtua peserta maupun penyelenggara tes. Dengan menggunakan pengembangan tes ini pelaksanaan pengawasan tidak lagi harus menggunakan sistem manual dan dapat menghemat waktu maupun tenaga serta dapat mengurangi kesalahan dalam hasil akhir pengukuran taraf kecerdasan anak

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Information system > World Wide Web
Divisions: Engineering Sciences
Depositing User: Unnamed user with username editor_perpustakaan
Date Deposited: 11 Jul 2019 04:26
Last Modified: 01 Oct 2024 09:02
URI: http://repository.stiki.ac.id/id/eprint/333

Actions (login required)

View Item View Item