PERANCANGAN INTERACTIVE MOTION GRAPHIC TENTANG WAYANG BEBER SEBAGAI SARANA PENGENALAN BUDAYA

Pramaditya, Hendi Hartono (2018) PERANCANGAN INTERACTIVE MOTION GRAPHIC TENTANG WAYANG BEBER SEBAGAI SARANA PENGENALAN BUDAYA. Sarjana thesis, Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia(STIKI) MALANG.

[img] Text
abstrak.docx

Download (15kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (161kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (59kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (38MB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (16kB)
Official URL: http://stiki.ac.id

Abstract

Kata Kunci: wayang beber Pacitan, interactive motion graphic, media sosial Wayang Beber adalah seni wayang yang muncul pada masa pra Islam dan masih berkembang di daerah-daerah tertentu di Pulau Jawa. Salah satunya adalah wayang beber di daerah Pacitan. Wayang beber Pacitan dimainkan oleh lima orang, empat orang memainkan alat musik yaitu rebab, kendang, kenong laras slendro, dan gong sedangkan satu orang bertindak sebagai dalang. Pertunjukan wayang beber dimulai dengan ritual kecil menggunakan bunga setaman, kemenyan, dan beberapa sesaji lainnya yang digunakan sebagai sarana memohon keselamatan kepada Tuhan. Cara yang dipakai dalam pertunjukan wayang beber, gambar wayang dipertunjukkan satu demi satu sampai selesai satu gulung, kemudian disusul gulungan berikutnya sampai cerita selesai. Dalam perkembangannya wayang beber Pacitan mengalami hambatan dikarenakan kurangnya pengetahuan masyarakat tentang apa itu wayang beber sehingga membuat wayang beber jarang dipertunjukkan. Agar wayang beber ini bisa dikenal oleh masyarakat luas, maka dibutuhkan suatu cara yang menarik agar masyarakat tertarik. Sebagai langkah awal untuk mengenalkan wayang ini adalah dengan cara membuat video dalam bentuk interactive motion graphic yang mencakup 3 hal untuk mengenalkan wayang tersebut yakni penjelasan apa itu wayang beber, tokoh-tokoh dalam wayang beber dan cerita wayang beber. Tujuan dari pembuatan interactive motion graphic adalah mengenalkan wayang beber Pacitan kepada generasi muda melalui media yang sering dilihat oleh anak muda. Hasil akhir dari perancangan ini adalah berupa 3 video yaitu motion graphic pengenalan wayang beber Pacitan, motion graphic tokoh-tokoh wayang beber Pacitan, dan motion graphic cerita wayang beber Pacitan. Ketiga video tersebut akan disebarkan melalui situs streaming video di internet yaitu youtube.com dengan kata kunci ‘Interactive Motion Graphic – WayangBeberPacitan’ atau link https://youtu.be/niWdK1if09k. Dengan sebuah interactive motion graphic mengenai wayang beber yang ditujukan untuk generasi muda, diharapkan bisa membuat generasi muda menjadi tertarik dengan budaya dan konten lokal. Melalui motion graphic ini, selain dapat mengenalkan wayang beber kepada generasi muda, sangat memungkinkan untuk membuat konten kreatif lainnya seperti film atau game yang diadaptasi dari wayang beber Pacitan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Applied computing > Arts and humanities
Divisions: Visual Communication Design
Depositing User: Unnamed user with username editor_perpustakaan
Date Deposited: 13 Sep 2019 01:08
Last Modified: 13 Aug 2021 14:22
URI: http://repository.stiki.ac.id/id/eprint/370

Actions (login required)

View Item View Item