Eko, Apriyanto (2019) Metode Blended Learning pada Pembelajaran Bahasa Inggris. LPPM STIKI Malang.
|
Text
2018 - Eko Apriyanto - Metode Blended Learning Pada Pembelajaran Bahasa Inggris.pdf Download (780kB) | Preview |
Abstract
Mengintegrasikan pembelajaran tatap muka dan online saat ini sudah berkembang pesat. Blended learning adalah model pembelajaran yang mampu meningkatkan dan mengoptimalkan pembelajaran. Makalah ini menjelaskan perilaku peserta didik dalam blended learning melalui Learning Management System (LMS), eBelajar. Model ini adalah kombinasi dari lingkungan tatap muka dan pembelajaran online yang terdiri dari banyak aplikasi seperti rekaman suara mahsiswa, peran pengguna, kursus, aplikasi keamanan pemeriksaan, urusan mahasiswa, layanan konseling, komunikasi internal, proses direktur dan evaluasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana perilaku mahasiswa dengan melakukan evaluasi eksperimental model pembelajaran campuran. Kami selanjutnya berusaha memahami perilaku, sikap, dan prestasi mahasiswa. Partisipan penelitian ini adalah 37 mahasiswa dari semester pertama departemen Teknologi Informatika (TI). Para mahasiswa diperkenalkan dengan pendekatan dengan menggunakan 'eBelajar', Sistem Manajemen Pembelajaran. Berdasarkan hasil implementasi blended learning dalam proses belajar mengajar, para peneliti menyadari bahwa model blended learning memberikan pengalaman pendidikan yang lebih efektif dan efisien daripada pembelajaran tatap muka tradisional. Selain itu, penelitian ini berkontribusi pada ilmu pengetahuan dengan mengidentifikasi bahwa pengaruh sosial memiliki dampak yang kuat pada kinerja dan usaha yang diharapkan serta perilaku. Sebuah survei yang dilakukan pada akhir kursus juga menunjukkan bahwa mahasiswa puas dengan penggunaan blended learning dalam proses belajar mengajar, dan prestasi akademik mereka juga lebih baik dari yang diharapkan. Disarankan bahwa tenaga pengajar dan mahasiswa dapat menggunakan blended learning untuk mata pelajaran lain untuk membuat proses belajar mengajar lebih hidup dan membuat mahasiswa merasa senang bergabung dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | General and Reference > Cross-computing tools and techniques > Empirical studies |
Divisions: | Engineering Sciences |
Depositing User: | Unnamed user with email subari@stiki.ac.id |
Date Deposited: | 14 Nov 2019 02:28 |
Last Modified: | 14 Nov 2019 02:28 |
URI: | http://repository.stiki.ac.id/id/eprint/395 |
Actions (login required)
View Item |