Pengembangan Permainan Edukasi Menggunakan Logika Fuzzy Untuk Anak Usia Dini

Chaulina Alfianti, Oktavia and Rakhmad, Maulidi (2018) Pengembangan Permainan Edukasi Menggunakan Logika Fuzzy Untuk Anak Usia Dini. LPPM STIKI Malang.

[img]
Preview
Text
Pengembangan Permainan Edukasi Menggunakan Logika Fuzzy.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Maraknya aksi pelecehan seksualitas terhadap anak menjadi sorotan beberapa tahun terakhir. KPAI menyebutkan angka korban pelecehan seksual terhadap anak meningkat tiap tahunnya. Diperlukan suatu metode untuk memberikan edukasi kepada anak usia dini agar mengenal pendidikan seksualitas sejak dini. Salah satu contoh bentuk penyampaian pendidikan seksual kepada anak-anak adalah melalui media visual. Media visual yang disampaikan dalam penelitian ini adalah dalam bentuk media game edukasi. Game edukasi sebagai sarana penyampaian untuk sosialisasi mengenai pendidikan seksual dalam bentuk permainan agar anak mampu dengan mudah memahami tentang pelecehan seksual dan mengantisipasi terjadinya pelecehan tersebut. Oleh karena itu pada penelitian ini akan dikembangkan game edukatif untuk sosialisasi pencegahan pelecehan seksual terhadap anak menggunakan metode fuzzy logic berbasis mobile. Pengujian yang dilakukan berdasarkan pengujian fungsionalitas game, konten edukatif pada game serta pengujian dampak game terhadap responden. Hasil pengujian responden terhadap pengaruh penggunaan permainan edukasi pada anak adalah sebesar 89% dan 88% menyebutkan bahwa permainan menampilkan konten yang edukatif.

Item Type: Other
Subjects: Theory of computation > Design and analysis of algorithms
Theory of computation > Logic
Game > Educative Game
Divisions: Engineering Sciences
Depositing User: Unnamed user with email subari@stiki.ac.id
Date Deposited: 14 Nov 2019 05:57
Last Modified: 14 Nov 2019 05:57
URI: http://repository.stiki.ac.id/id/eprint/405

Actions (login required)

View Item View Item