PERANCANGAN ROLE PLAYING GAME DENGAN RPG MAKER GUNA MENGENALKAN BERBAGAI BENTUK PENINGGALAN SEJARAH DI INDONESIA

Huzaem Ba’abduh, Huzaem Ba’abduh (2016) PERANCANGAN ROLE PLAYING GAME DENGAN RPG MAKER GUNA MENGENALKAN BERBAGAI BENTUK PENINGGALAN SEJARAH DI INDONESIA. Sarjana thesis, SEKOLAH TINGGI INFORMATIKA DAN KOMPUTER INDONESIA MALANG.

[img]
Preview
Text
judul - daftar isi.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (341kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (753kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8kB)
[img] Text
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17kB)
Official URL: http://www.stiki.ac.id/

Abstract

Kata-kata kunci : RPG, Game Edukasi, Peninggalan Sejarah Indonesia. Dalam perkembangannya padabidang informasi dan telekomunikasi mengalami revolusi khususnya untuk perangkat komputer. Diera komputerisasipadasaatini teknologi tersebut telah mengubah cara hidup masyarakat dan berpengaruh terhadap beberapa aspekdalam kehidupan. Didalamaspekpendidikankomputerisasisangatpenting yang dimanasebagaipenunjang proses pembelajaran. Dikarenakan pelajaran sejarah menggunakan metode penyampaian materi secara manual yang menyebabkan kurangnya ketertarikan anak dalam memahami materi tersebut terutama dan juga mata pelajaran peninggalan sejarah yang identik dengan buku literatur tebal dan banyak hafalan seperti Sejarah dan Kebudayaan Indonesia yang berakibat turunnya minat anak dalam mempelajari peninggalan sejarah indonesia. Berangkat dari permasalahan di atas, penulis membangun game edukasi yang diharapkan dapat meningkatkan antusias siswa dalam mempelajari materi. Jenis game yang dibuat adalah Role Playing Game (RPG) yang dibangun di atas platform Desktop. Dengan ini maka penulis merancang suatu multimedia yang menarik yang dimana di dalamnya terdapat materi tentang peninggalan sejarah Indonesia. Dengan misi mencari peninggalan sejarah di setiap stage berupa gambar 2D yang menarik maka siswa dapat bermain sambil belajar. Terdapat 3 kerajaan pada game ini yakni kerajaan buddha, kerajaan hindu dan kerajaan islam. Pada stage 1 pemain akan memasuki kerajaan buddha yakni Kerajaan Sriwijaya setelah itu lanjut menuju stage 2 Kerajaan Singasari setelah itu pemain memasuki Kerajaan Majapahit di stage 3 dan di lanjutkan menuju Kerajaan Kutai Kartanegara di stage 4 setelah memasuki kerjaan hindu pemain akan menuju kerajaan islam yang terdapat di stage 5 yakni Kerajaan Aceh selanjutnya pemain memasuki Kerajaan Gowa di stage 6 dan yang terahir pemain memasuki Kerajaan Mataram di stage 7, tapi di setiap tempat peninggalan terdapat musuh yang akan menghadang

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Game > Educative Game
Divisions: Engineering Sciences
Depositing User: Arga Stefian
Date Deposited: 11 Feb 2017 10:29
Last Modified: 11 Feb 2017 10:29
URI: http://repository.stiki.ac.id/id/eprint/96

Actions (login required)

View Item View Item