Game ID Card Puzzle Berbasis Virtual Reality untuk Mengenalkan Kebudayaan Tradisional Indonesia

Susanto, Radi Rusadi and Prasetyo, Koko Wahyu and Purwiantono, Febry Eka (2018) Game ID Card Puzzle Berbasis Virtual Reality untuk Mengenalkan Kebudayaan Tradisional Indonesia. INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS, 3 (1). ISSN 2548-3587

[img]
Preview
Text (Artikel dan cover)
2018 IS Educators Professionals 3-1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Plagiasi)
2018 IS Educators Professionals 3-1-plag.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Peer Review Bina Insani-Game(Febry).pdf

Download (950kB) | Preview
[img] Text (Peer review (Koko Wahyu))
03c IS Educators 3-1 review.pdf

Download (458kB)

Abstract

Perkembangan industri Game pada saat ini sangat pesat dengan berbagai macam teknologi yang digunakan. Salah satu teknologi Game yang terkenal beberapa tahun belakangan ini adalah Virtual Reality. Virtual Reality sendiri adalah teknologi yang memungkinkan penggunanya merasakan secara lansung tampilan dunia maya (virtual) dengan memanfaat indra penglihatan. Game ID Card Puzzle memanfaatkan teknologi ini dalam implementasinya. ID Card Puzzle termasuk dalam kategori (genre) puzzle. Konten yang digunakan dalam Game ini merupakan konten lokal seperti rumah adat, pakaian tradisional, senjata tradisional, alat musik tradisional dan tarian tradisional.Sesuai dengan judul dari Game yang dibuat, tujuan dari pembuatan Game ini adalah untuk mengembangkan permainan berbasis virtual reality yang menarik, kreatif, dan inovatif sehingga bisa dinikmati serta mencoba untuk mengenalkan budaya Indonesia bagi pengguna didalam maupun luar Indonesia. Dalam proses pengembangan terdapat beberapa prosedur yang dilalui yaitu persiapan, analisa, desain, pembuatan dan uji coba. Metode pengumpulan data yang dilakukan meliputi studi literatur dan observasi. Pada tahap pengujian dilakukan proses uji coba pada 30 penguji yang terdiri dari usia 14 – 40 tahun. Setelah melalui tahap pengembangan dan pengujian, Game ID Card Puzzle dapat membuktikan bahwa dengan penerapan teknologi Virtual Reality dalam Game yang mengangkat konten lokal, pengguna dapat merasa pengalaman bermain yang jauh lebih interaktif dan memberikan pengetahuan baik tentang informasi kearifan lokal.

Item Type: Article
Subjects: Game > Educative Game
Divisions: Information System
Depositing User: Koko Wahyu Prasetyo
Date Deposited: 03 Dec 2019 02:53
Last Modified: 02 Mar 2023 09:24
URI: http://repository.stiki.ac.id/id/eprint/1365

Actions (login required)

View Item View Item