APLIKASI PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB BERBASIS ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY (AR)

Vina, Dwi Elviani (2019) APLIKASI PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB BERBASIS ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY (AR). Sarjana thesis, Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia.

[img] Text
04 Abstrak.docx

Download (18kB)
[img] Text
11 BAB I.docx
Restricted to Registered users only

Download (33kB)
[img] Text
12 BAB II.docx
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] Text
13 BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (377kB)
[img] Text
14 BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
15 BAB V.docx
Restricted to Registered users only

Download (21kB)
Official URL: https://stiki.ac.id

Abstract

Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang menggabungkan benda maya tiga dimensi (3D) ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi, teknologi ini juga dapat diterapkan pada Android. Pembelajaran mengenai kosakata benda yang ada di lingkungan sekitar merupakan salah satu materi penting yang ada pada pembelajaran Bahasa Arab. Selain mengenalkan materi kosakata, pembelajaran tersebut juga sangat dekat kaitannya dengan lingkungan keseharian. Namun permasalahan yang sering muncul adalah peserta didik mengalami kesulitan dalam menghafal kosakata bahasa arab. Penggunaan teknologi dalam bidang tutorial dapat dimanfaatkan sebagai salah satu media penyampaian materi. Penulis memutuskan untuk mengangkat tema “Aplikasi Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Berbasis Android dengan Menggunakan Teknologi Augmented Reality (AR)”. Dalam aplikasi ini terdapat 3 fitur utama, yaitu belajar kosakata benda bahasa arab, bermain, dan menu informasi. Pada fitur belajar akan ditampilkan dua pilihan menu belajar, yaitu buah-buahan dan benda dalam kelas, kemudian akan ditampilkan Augmented Reality berupa visualisasi objek 3D benda beserta cara mengucapkan kosakata dengan menggunakan suara. Pada menu bermain terdapat beberapa soal yang dapat dikerjakan oleh pengguna. Dengan penambahan teknologi Augmented Reality pada objek yang ada pada menu belajar akan membuat objek benda terlihat seperti nyata. Dalam pengujian data marker, marker yang digunakan yaitu marker yang memiliki rating cukup tinggi, pengujian dilakukan terhadap 16 marker yang berbeda. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil dari penerapan Augmented Reality (AR) telah berhasil diimplementasikan smartphone (telepon pintar) berbasis Android. Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan pengguna dapat lebih mudah dalam menghafal kosakata bahasa arab.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Applied computing > Education
Divisions: Engineering Sciences
Depositing User: Unnamed user with username editor_perpustakaan
Date Deposited: 18 Mar 2021 02:51
Last Modified: 18 Mar 2021 02:51
URI: http://repository.stiki.ac.id/id/eprint/1497

Actions (login required)

View Item View Item