PERANCANGAN APLIKASI VIRTUAL TIGA DIMENSI KAMPUS STIKI BERDASARKAN PROYEKSI ISOMETRIS

Emas, Erbyand Anditya Harahap (2018) PERANCANGAN APLIKASI VIRTUAL TIGA DIMENSI KAMPUS STIKI BERDASARKAN PROYEKSI ISOMETRIS. Sarjana thesis, Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (28kB)
[img] Text
02 BAB 1 Hal 1 - 6.docx
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[img] Text
03 BAB 2 Hal 7 - 23.docx
Restricted to Repository staff only

Download (887kB)
[img] Text
04 BAB 3 Hal 24 -32.docx
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] Text
05 BAB 4 Hal 33 - 86.docx
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
06 BAB 5 Hal 87 - 88.docx
Restricted to Registered users only

Download (29kB)
Official URL: https://stiki.ac.id

Abstract

Perancangan aplikasi virtual tiga dimensi berdasarkan proyeksi isometris ini dirancang sebagai media pendukung sistem komunikasi visual di Kampus STIKI. Banyak masyarakat umum dan calon mahasiswa dari dalam maupun luar Kota Malang datang untuk mengikuti kegiatan kampus seperti turnamen, seminar dan workshop, serta untuk mendaftar sebagai mahasiswa. Perancangan aplikasi virtual tiga dimensi berdasarkan proyeksi isometris dibuat agar masyarakat umum dan mahasiswa baru dapat lebih memahami tata letak bangunan dan ruangan di Kampus STIKI. Media pendukung sistem komunikasi visual yang dibuat berbentuk aplikasi virtual agar memudahkan sistem penyimpanan, penggandaan, dan juga akses aplikasi. Bentuk dari bangunan Kampus STIKI divisualisasikan secara tiga dimensi dan dibangun dengan pemodelan lowpoly sehingga komputasi data menjadi lebih ringan serta diproyeksikan secara isometris sehingga setiap sudut dari bangunan dapat terlihat dan lebih informatif. Aplikasi dibangun berbasis desktop dengan berformat landscape, memiliki ukuran 1920 piksel x 1080 piksel menggunakan Blender Game Engine. Hasil dari perancangan menghasilkan media utama, yaitu aplikasi virtual tiga dimensi Kampus STIKI berdasarkan proyeksi isometris bernama STIKIMap, dan beberapa media penunjang antara lain aplikasi android, CD instalasi aplikasi, poster, leaflet, kaos, stiker, gantungan kunci, case handphone, mug / gelas, x-banner, pin, dan buku note A5. Aplikasi desktop dapat berjalan di sistem operasi Windows, dan membutuhkan prosesor Dual Core 2Ghz CPU, memori 2GB RAM, kartu grafis 512MB kompatibel dengan OpenGL 2.1, dan kapasitas kosong sebesar 190MB. Sedangkan untuk aplikasi android dapat berjalan di versi 5.1+ (Lollipop) dengan ukuran 29MB. Berdasarkan hasil pengujian kepada 36 target sasaran, dapat diketahui bahwa aplikasi sudah sesuai dengan kebutuhan target sasaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Computing methodologies > Computer graphics
Divisions: Visual Communication Design
Depositing User: Unnamed user with username editor_perpustakaan
Date Deposited: 14 Apr 2021 07:32
Last Modified: 13 Aug 2021 14:26
URI: http://repository.stiki.ac.id/id/eprint/1556

Actions (login required)

View Item View Item