PERANCANGAN 3D ASET UNTUK METAVERSE PROGRAM STUDI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL STIKI MALANG

Fatih, Maulana (2024) PERANCANGAN 3D ASET UNTUK METAVERSE PROGRAM STUDI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL STIKI MALANG. Sarjana thesis, Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (316kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (607kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (352kB)
Official URL: https://stiki.ac.id

Abstract

Metaverse merupakan sebuah lingkup ruang virtual yang dihubungkan melalui internet yang didalamnya adalah replika dunia nyata. Sederhananya metaverse adalah sebuah ruang virtual yang dibangun dan dapat diakses oleh siapa saja tanpa harus bertemu di ruang yang sama. Dunia pendidikan saat ini telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Adanya metaverse membantu pembelajaran agar lebih menyenangkan dan memberikan pengalaman yang mendalam menggunakan VR atau AR pada metaverse itu sendiri. Penelitian ini merancang sebuah 3D aset untuk Metaverse Program Studi Desain Komunikasi Visual STIKI Malang. Metode yang akan digunakan analisis deskriptif kualitatif untuk menjabarkan tentang aset yang akan dibuat serta analisis perancangan menggunakan miles & Huberman sebagai reduksi data dan mengambil kesimpulan akhir untuk proses perancangan ini. Prosedur yang digunakan adalah Design Thinking untuk mengoptimalkan dan memahami solusi yang menjadi permasalahan yang ada pada penelitian ini. 3D Aset yang dibuat pada penelitian kali ini adalah 3D aset ruangan galeri dan kelas serta pembuatan buku aset sebagai media pendukung informasi aset yang dibuat pada penelitian kali ini. Hasil dari perancangan ini yaitu berupa 3D aset Metaverse building ruang Profile, ruang Kelas, ruang Seminar, ruang Creative Zone dan ruang Galeri serta grounding pada Metaverse itu sendiri berhasil dengan melakukan testing serta uji coba pada perangkat VR Meta Oculus Quest 2, dan berhasil mengimplementasikan pada media pendukung lainnya seperti AR dari 3D aset yang ada serta media game dan mampu menjadi daya tarik sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Computing methodologies > Computer graphics
Divisions: Visual Communication Design
Depositing User: Unnamed user with username editor_perpustakaan
Date Deposited: 08 Oct 2024 08:53
Last Modified: 08 Oct 2024 08:53
URI: http://repository.stiki.ac.id/id/eprint/2284

Actions (login required)

View Item View Item