PENGEMBANGAN GAME PLATFORMER EDUKASI ANTI KEKERASAN SEKSUAL ANAK USIA¬ DINI DENGAN MENGGUNAKAN CONSTRUCT 3

Ma’arif, Syamsul Ma’arif (2024) PENGEMBANGAN GAME PLATFORMER EDUKASI ANTI KEKERASAN SEKSUAL ANAK USIA¬ DINI DENGAN MENGGUNAKAN CONSTRUCT 3. Sarjana thesis, Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (153kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (377kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (577kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (85kB)
Official URL: http://www.stiki.ac.id

Abstract

Anak usia dini merupakan periode penting dalam pertumbuhan dan perkembangan yang akan sangat memengaruhi masa depan anak. Sayangnya, anak-anak sering menjadi korban kekerasan seksual, yang tercermin dari tingginya kasus pelecehan seksual di Indonesia. Pemberian pendidikan seks sejak dini sangat diperlukan agar anak-anak dapat mengenali dan melindungi tubuh mereka dari potensi bahaya. Salah satu pendekatan yang efektif dalam mengajarkan konsep ini adalah melalui media game edukasi berbasis teknologi, yang mampu menciptakan lingkungan interaktif dan menyenangkan bagi anak-anak. Penelitian ini mengusulkan pengembangan Game Platformer Edukasi Anti Kekerasan Seksual untuk anak usia dini menggunakan Construct 3. Game ini dirancang untuk memfasilitasi pemahaman anak tentang konsep sentuhan baik dan buruk serta menjaga batasan tubuh mereka. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman anak setelah bermain game, terbukti dari kenaikan hasil post-test dengan nilai 88% pada kategori sangat baik, dibandingkan dengan 44,2% pada pre-test. Hal ini menegaskan bahwa game edukasi dapat menjadi alat yang efektif dalam meningkatkan kesadaran anak mengenai kekerasan seksual.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Information system > Data management systems
Divisions: Engineering Sciences
Depositing User: Unnamed user with username editor_perpustakaan
Date Deposited: 12 Aug 2025 07:41
Last Modified: 12 Aug 2025 07:41
URI: http://repository.stiki.ac.id/id/eprint/2395

Actions (login required)

View Item View Item