SANTOSO, ABRAHAM ABEL (2025) PENGGEMBANGAN GAME REOG DENGAN PENERAPAN GAME DEVELOPMENT LIFE CYCLE (GDLC) MENGGUNAKAN UNITY. Sarjana thesis, Universitas Bhinneka Nusantara.
|
Text
BAB 1.pdf Download (170kB) |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (425kB) |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (873kB) |
|
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (549kB) |
|
|
Text
BAB 5.pdf Download (126kB) |
Abstract
Penelitian ini mengembangkan sebuah game edukatif berjudul The Day of Reog yang bertujuan untuk memperkenalkan dan melestarikan budaya Reog Ponorogo dengan pendekatan interaktif dan modern. Pengembangan game dilakukan menggunakan platform Unity dan menerapkan metodologi Game Development Life Cycle (GDLC), yang mencakup tahapan Konsep dan Perencanaan, Pra- Produksi, Produksi, Pengujian, dan Peluncuran. Hasil dari proses pengembangan menunjukkan bahwa game dapat berjalan dengan baik dan mendapatkan respon positif dari pengguna saat sesi uji coba, khususnya dalam aspek visual, narasi budaya, dan gameplay. Hasil pengujian menggunakan metode melalui observasi langsung dengan pendekatan playtesting. Dari 10 responden mendapati bahwa diperoleh rata-rata skor sebesar 86,84%.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | Game > Educative Game |
| Divisions: | Engineering Sciences |
| Depositing User: | Unnamed user with username editor_perpustakaan |
| Date Deposited: | 05 Dec 2025 09:45 |
| Last Modified: | 05 Dec 2025 09:45 |
| URI: | http://repository.stiki.ac.id/id/eprint/2485 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
