PENGGEMBANGAN GAME REOG DENGAN PENERAPAN GAME DEVELOPMENT LIFE CYCLE (GDLC) MENGGUNAKAN UNITY

SANTOSO, ABRAHAM ABEL (2025) PENGGEMBANGAN GAME REOG DENGAN PENERAPAN GAME DEVELOPMENT LIFE CYCLE (GDLC) MENGGUNAKAN UNITY. Sarjana thesis, Universitas Bhinneka Nusantara.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (170kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (425kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (873kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (549kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (126kB)
Official URL: https://ubhinus.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengembangkan sebuah game edukatif berjudul The Day of Reog yang bertujuan untuk memperkenalkan dan melestarikan budaya Reog Ponorogo dengan pendekatan interaktif dan modern. Pengembangan game dilakukan menggunakan platform Unity dan menerapkan metodologi Game Development Life Cycle (GDLC), yang mencakup tahapan Konsep dan Perencanaan, Pra- Produksi, Produksi, Pengujian, dan Peluncuran. Hasil dari proses pengembangan menunjukkan bahwa game dapat berjalan dengan baik dan mendapatkan respon positif dari pengguna saat sesi uji coba, khususnya dalam aspek visual, narasi budaya, dan gameplay. Hasil pengujian menggunakan metode melalui observasi langsung dengan pendekatan playtesting. Dari 10 responden mendapati bahwa diperoleh rata-rata skor sebesar 86,84%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Game > Educative Game
Divisions: Engineering Sciences
Depositing User: Unnamed user with username editor_perpustakaan
Date Deposited: 05 Dec 2025 09:45
Last Modified: 05 Dec 2025 09:45
URI: http://repository.stiki.ac.id/id/eprint/2485

Actions (login required)

View Item View Item