PENGEMBANGAN GAME ID CARD PUZZLE BERBASIS VIRTUAL REALITY

Radi, Rusadi Susanto (2018) PENGEMBANGAN GAME ID CARD PUZZLE BERBASIS VIRTUAL REALITY. Sarjana thesis, Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia(STIKI) MALANG.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (12kB)
[img] Text
BAB I.docx
Restricted to Registered users only

Download (40kB)
[img] Text
BAB II.doc
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB III.doc
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text
BAB IV.doc
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Registered users only

Download (17kB)
Official URL: http://stiki.ac.id

Abstract

Kata Kunci: Game, Puzzle, Virtual Reality, 3D Game Game merupakan media hiburan yang banyak diminati oleh masyarakat saat ini. Selain menjadi media hiburan, game juga bisa dijadikan media untuk pembelajaran. Namun dalam perkembangannya industri game mobile tanah air lebih dominan dengan konten budaya asing dari badaya budaya lokal. Sehingga banyak pengguna lokal lebih mudah terpengaruh oleh budaya asing. Perkembangan industri game pada saat ini sangat pesat dengan berbagai macam teknologi yang digunakan. Salah satu teknologi game yang terkenal beberapa tahun belakangan ini adalah Virtual Reality. Virtual Reality sendiri adalah teknologi yang memungkinkan penggunanya merasakan secara lansung tampilan dunia maya (Virtual) dengan memanfaat indra penglihatan. Game ID Card Puzzle memanfaatkan teknologi ini dalam implementasinya. ID Card Puzzle termasuk dalam kategori (genre) puzzle, yang dimana pengguna akan mencari gambar yang cocok satu sama lain untuk menyelesaikan game. Konten yang digunakan dalam game ini merupakan konten lokal seperti rumah adat, pakaian tradisional, senjata tradisional, alat musik tradisional dan tarian tradisional. Setelah melalui tahap pengembangan dan pengujian, game ID Card Puzzle dapat membuktikan bahwa dengan penerapan teknologi Virtual Reality dalam game yang mengangkat konten lokal, pengguna dapat merasa pengalaman bermain yang jauh lebih interaktif dan memberikan pengetahuan baik tentang informasi kearifan lokal maupun teknologi VR itu sendiri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Game > Educative Game
Divisions: Engineering Sciences
Depositing User: Unnamed user with username editor_perpustakaan
Date Deposited: 13 May 2019 02:31
Last Modified: 13 Aug 2021 09:15
URI: http://repository.stiki.ac.id/id/eprint/297

Actions (login required)

View Item View Item