PEMANFAATAN ENGINE VUFORIA UNTUK IMPLEMENTASI TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DALAM METODE PEMBELAJARAN SHOLAT BERBASIS MOBILE

Dawang, Mahendra Sudirman Putra (2016) PEMANFAATAN ENGINE VUFORIA UNTUK IMPLEMENTASI TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DALAM METODE PEMBELAJARAN SHOLAT BERBASIS MOBILE. Sarjana thesis, Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia (STIKI) Malang..

[img]
Preview
Text
judul - daftar isi.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (582kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran.pdf

Download (61kB) | Preview
Official URL: http://stiki.ac.id

Abstract

Kata Kunci : Vuforia, Augmented Reality, Sholat Kehidupan yang semakin modern menuntut manusia untuk selalu mengikuti perkembangan zaman dengan teknologi yang semakin canggih dalam segala aktivitas kehidupan. Hal tersebut ditujukan agar manusia dapat dengan mudah melakukan segala aktivitas kehidupan salah satunya di dalam proses belajar. Saat ini metode pembelajaran sudah bisa dilakukan dengan berbagai media, dengan semua teknologi dan peralatan yang mendukungnya, dari yang paling tradisional hingga yang modern yaitu dari buku, artikel, CD tutorial serta internet. Akan tetapi masih banyak mengalami kesulitan dalam memahaminya. Contoh kasus, dalam pembelajaran tata cara gerakan shalat, umat muslim sering mengalami kesulitan karena harus membaca tata cara shalat yang biasanya berupa buku, terutama umat muslim yang baru mengenal islam seperti anak–anak maupun mualaf. Namun pada saat ini telah ada satu metode pembelajaran terbaru yang lebih nyata lagi secara 3 dimensi dan untuk lebih mempermudah awal pembelajaran tata cara gerakan sholat yaitu dengan menggunakan kamera smartphone yang dipadukan menggunakan teknologi augmented reality . Dewasa ini, sistem aplikasi tentang pembelajaran sudah banyak ditemui, namun kebanyakan aplikasi-aplikasi tersebut dalam hal interaksi masih terbilang monoton, sehingga pengguna merasakan bosan khususnya anak-anak. Dari permasalahan yang ada maka dapat ditemukan sebuah solusi yaitu dengan memanfaatkan teknologi augmented reality dalam metode pembelajaran berbasis mobile . Sistem aplikasi ini diharapkan dapat menjadi alat bantu pembelajaran khususnya tentang tata cara melaksanakan ibadah sholat yang dikemas secara menarik dengan menambahkan teknologi augmented reality . Berdasarkan perancangan, implementasi, dan pembahasan yang telah dilakukan dalam penelitian ini serta berdasarkan beberapa koresponden yang telah menguji aplikasi ini, maka dapat diambil kesimpulan bahwa aplikasi ini memberikan beberapa fitur yang dapat membantu dalam proses pembelajaran khususnya dalam pembelajaran tutorial gerakan sholat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Applied computing > Education
Android > Science
Divisions: Engineering Sciences
Depositing User: Ahmad Zakaria
Date Deposited: 06 Feb 2017 06:53
Last Modified: 06 Feb 2017 06:53
URI: http://repository.stiki.ac.id/id/eprint/64

Actions (login required)

View Item View Item