PEMANFAATAN CORONA SDK DALAM PERANCANGAN GAME EDUKASI MATEMATIKA BERBASIS ANDROID

Rindang Raharjo Rozak, Rindang Raharjo Rozak (2016) PEMANFAATAN CORONA SDK DALAM PERANCANGAN GAME EDUKASI MATEMATIKA BERBASIS ANDROID. Sarjana thesis, SEKOLAH TINGGI INFORMATIKA DAN KOMPUTER INDONESIA MALANG.

[img]
Preview
Text
judul - daftar isi.pdf

Download (847kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05 ABSTRAK.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 BAB I.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 BAB II.pdf

Download (746kB) | Preview
[img] Text
15 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
16 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
17 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
Official URL: http://www.stiki.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : Pembelajaran Matematika, Geme Edukasi, Game Engine, Corona SDK, Android. Teknologi yang berkembang saat ini sudah menyentuh ke dalam dunia pendidikan. Hampir semua jenjang pendidikan tidak terlepas dari teknologi. Pada pembelajaran matematika khususnya pada jenjang Sekolah Dasar kelas tiga yang melingkupi materi pelajaran serta memerlukan media atau sarana belajar yang tidak sekedar membantu siswa dalam proses pembelajaran. Lebih dari itu, dengan media diharapkan memberikan nilai tambah dalam proses belajar siswa. Salah satu media belajar matematika bagi siswa adalah game edukasi yang dibangun dengan memperhatikan cakupan kebutuhan materi belajar matematika pada siswa kelas tiga Sekolah Dasar. Pada tahap perancangan game edukasi pertualangan “Kapten Indonesia – Petualangan Hutan Matematika” ini, sebelumnya dilakukan analisis kebutuhan dalam pembelajaran matematika dengan memperhatikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Selanjutnya pada tahapan proses membangun game edukasi “Kapten Indonesia – Petualangan Hutan Matematika” berbasis Android digunakan engine Corona SDK untuk memberikan kualitas visual yang menarik agar mampu meningkatkan minat siswa kelas empat Sekolah Dasar untuk belajar. Pertimbangan dipilihnya game edukasi berbasis Android karena hampir semua kalangan menggunakannya untuk beraktivitas, baik untuk melakukan pekerjaan, keperluan pendidikan ataupun sebagai saran hiburan. Akhirnya pada pembangunan game edukasi “Kapten Indonesia – Petualangan Hutan Matematika” berbasis Android ini diharapkan mampu mengembangkan kemampuan dan keterampilan siswa dalam belajar matematika kapan pun dan di manapun.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Game > Educative Game
Divisions: Engineering Sciences
Depositing User: Arga Stefian
Date Deposited: 11 Feb 2017 17:35
Last Modified: 11 Feb 2017 17:36
URI: http://repository.stiki.ac.id/id/eprint/123

Actions (login required)

View Item View Item