PEMANFAATAN CORONA SDK DALAM PEMBUATAN GAME EDUKASI UNTUK ANAK USIA DINI

TYAS ARI DITA, TYAS ARI DITA (2016) PEMANFAATAN CORONA SDK DALAM PEMBUATAN GAME EDUKASI UNTUK ANAK USIA DINI. Sarjana thesis, SEKOLAH TINGGI INFORMATIKA DAN KOMPUTER INDONESIA MALANG.

[img]
Preview
Text
judul - daftar isi.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (83kB) | Preview
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (756kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB)
Official URL: http://www.stiki.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : Corona SDK, Game, Game Edukasi, Anak Usia Dini, Game Mobile Pendidikan anak usia dini adalah jenjang pendidikan sebelum pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak berusia tiga sampai lima tahun untuk mengembangkan semua aspek perkembangan anak. Perkembangan kognitif merupakan salah satu fungsi yang dikembangkan pada anak usia dini yaitu kemampuan anak untuk menghubungkan, menilai dan mempertimbangan sesuatu. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangatlah pesat, salah satunya yaitu mobile Android. Pengguna mobile Android pun tidak hanya orang dewasa melainkan juga anak-anak. Penggunaan mobile Android yang lebih sering digunakan sebagai media hiburan seperti bermain game. Dengan dibuatnya game edukasi berbasis Android disertai animasi, gambar dan suara yang didalamnya terdapat pembelajaran mengenal warna, binatang, buah, dan kendaraan diharapkan dapat membantu dan mempermudah proses pembelajaran untuk anak usia tiga sampai lima tahun. Pembelajaran nantinya disajikan dalam tiga tahap. Tahap pertama yaitu tahap belajar yang menampilkan berbagai jenis hewan, kendaraan, warna, dan buah. Tahap kedua yaitu review untuk mengulangi dan mengingat apa yang telah dipelajari di tahap belajar. Dan tahap ketiga yaitu tahap bermain / game yang menampilkan berbagai permainan seperti puzzle, match, dan collect. Pada game puzzle anak diarahkan untuk melengkapi bagian gambar yang hilang. Pada game match anak diarahkan untuk mencocokkan gambar yang sesuai. Dan pada game collect anak diarahkan untuk mengumpulkan benda sesuai dengan jenisnya. Diharapkan dengan adanya metode belajar sambil bermain melalui game dapat meningkatkan pemahaman terhadap anak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Game > Educative Game
Divisions: Engineering Sciences
Depositing User: Arga Stefian
Date Deposited: 11 Feb 2017 19:06
Last Modified: 11 Feb 2017 19:06
URI: http://repository.stiki.ac.id/id/eprint/137

Actions (login required)

View Item View Item