PERANCANGAN VIDEO PARIWISATA KAWAH WURUNG BONDOWOSO SEBAGAI MEDIA PROMOSI

Dwi Cahyaningtyas, Mulyani (2019) PERANCANGAN VIDEO PARIWISATA KAWAH WURUNG BONDOWOSO SEBAGAI MEDIA PROMOSI. Sarjana thesis, Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (18kB)
[img] Text
bab 1.docx

Download (38kB)
[img] Text
bab 2.docx

Download (1MB)
[img] Text
bab 3.docx

Download (113kB)
[img] Text
bab 4.docx
Restricted to Repository staff only

Download (39MB)
[img] Text
BAB 5.docx

Download (14kB)
Official URL: http://stiki.ac.id

Abstract

Kata Kunci : Video, Media Promosi Bondowoso merupakan salah satu Kabupaten di Indonesia yang memiliki potensi, diantaranya adalah potensi wisata alamnya. Bondowoso merupakan satu-satunya kabupaten di daerah Tapal Kuda yang tidak memiliki garis pantai. Banyak potensi obyek wisata yang dimiliki oleh Kabupaten Bondowoso, salah satunya adalah “Kawah Wurung“. Media promosi berbentuk video yang berjudu; “ Bondowoso The Highland Paradise” dirancang bertujuan untuk membantu menginformasikan kepada wisatawan dari kalangan usia 6-40 tahun terutama remaja yang akan berwisata ke Kawah Wurung. Video ini akan diperlihatkan di media adalah youtube dan intagram . Model perancangan yang digunakan adalah Sadjiman Ebdi Sanyoto, yaitu diawali dengan latar belakang masalah, identifikasi, sumber data, lalu dilanjutkan dengan konsep perancangan, proses perancangan dan final. Analisa yang digunakan 5W+1H yaitu what (apa), who (siapa), when (kapan), where (dimana), why (kenapa), dan how (bagaimana). Tujuan dari analisis 5W+1H ini adalah untuk memberikan gambaran dari hasil analisis yang digunakan sebagai strategi perancangan. Maka semua aspek yang terangkum didalam video “Bondowoso The Highland Paradise” dapat memberikan informasi kepada para wisatawan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara yang dilakukan kepada ibu Narfendy selaku Dinas Pariwisata Bondowoso dan observasi yang langsung mendatangi lokasi Kawah Wurung agar mengetahui kelebihan dan kekurangan dari objek wisata Kawah Wurung. Video yang berjudul “Bondowoso The Highland Paradise” menceritakan tentang perjalanaan ke Kawah Wurung. Awal mulanya seorang lak-laki mengendari motor kesayangannya menyusuri kota Bondowos dan berhenti disuatu tempat untuk meminum kopi hangat. Seorang laki-laki itu melihat-lihat gambar Kawah Wurung di google. Keesokan harinya laki-laki tersebut mengendari sepeda motor untuk ke Kawah Wurung. Setelah sampai di Kawah Wurung laki-laki tersebut menyusuri anak tangga untuk bisa sampai ke puncak Kawah Wurung. Diperjalanan menuju puncak kawah wurung seorang laki-laki berpapasan dengan seorang wanita yang juga ingin ke Kawah Wurung, di tengah perjalanan terlihat jelas tulisan besar Kawah Wurung karena terlalu menikmati jalan tibalah laki-laki itu atas Kawah Wurung. Pemandangan yang diberikan oleh Kawah Wurung sangat indah. Terlihat pemandangan gunung ditengah-tengah kawah dan kawah itu di selimuti rerumputan hijau. Pemandangan di sebelah kanan kiri Kawah Wurung terlihat pegunungan yang menjadi pemanis untuk Kawah Wurung itu sendiri. Software yang digunakan dalam proses pengeditan antara lain : Adobe Primier pro CC 2015. Durasi video Kawah Wurung ini sekitaran 1.29 detik. Media pendukung yaitu kaos, topi,pin, buku, stiker, x banner, tas, sleeping bag. Bagi penulis selanjutnya diharapkan dapat merancang dengan permasalahan yang sama namun dengan media yang berbeda. Dalam perancangan ini dapat disimpulkan bahwa “Perancangan Video Pariwisata Kawah Wurung Bondowoso Sebagai Media Promosi” ini digunakan untuk memberikan informasi kepada para wisatawan yang akan berkunjung ke Kawah Wurung Bondowoso.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Applied computing > Arts and humanities
Divisions: Visual Communication Design
Depositing User: Unnamed user with username editor_perpustakaan
Date Deposited: 09 Nov 2020 05:24
Last Modified: 13 Aug 2021 14:45
URI: http://repository.stiki.ac.id/id/eprint/1439

Actions (login required)

View Item View Item