FERNANDA, MOCH ALFIAN (2024) PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI KLASIFIKASI FILUM INVERTEBRATA UNTUK SISWA SMA MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID. Sarjana thesis, Sekolah tinggi informatika & komputer indonesia malang.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (73kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (113kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (13kB) |
Abstract
Invertebrata adalah hewan yang tidak memiliki tulang punggung atau kolom vertebral. Sebagian besar hewan adalah invertebrata. Istilah Invertebrata sendiri merupakan bentuk awal ‘Vertebra’ yang berasal dari kata Latin. ‘Vertebra’ pada umumnya berarti sendi, arti khususnya adalah ‘sendi tulang belakang dari vertebrata’. Dalam materi Invertebrata terdapat beberapa materi Filum Invertebrata seperti pengertian masing-masing jenis dan hewan yang membedakan dari Filum satu sama lainnya. Berdasarkan hasil survei yang telah dilakukan di SMA PJ Global School kelas X di malang, ada sebagian siswa yang berpendapat bahwa pembelajaran untuk filum invertebrata itu secara teori kurang menarik minat belajar. Beberapa siswa juga berpendapat membutuhkan sebuah inovasi baru untuk mengembangkan minat belajar animal jenis Invertebrata. Tidak seperti cara konvensional yang sering digunakan menggunakan contoh gambar objek di buku cetak pada umumnya. Tapi dengan metode belajar yang baru dan menyenangkan, contohnya melalui media pembelajaran elektronik yang terdapat game didalamnya. Dalam penulisan laporan tugas akhir ini penulis melakukan penelitian di “PJ Global School Dieng” yang dilakukan dengan cara wawancara dengan guru studi biologi dan siswa kelas X jurusan IPA serta melakukan studi pustaka diperpustakaan dalam mengumpulkan informasi dari penelitian terkait hasil dari identifikasi masalah pada penelitian inilah yang menjadi latar belakang dalam melakukan perumusan masalah pada objek penilitian ini. Masalah yang didapat atau telah diidentifikasi adalah bagaimana aplikasi ini dapat menjadi media tambahan pembelajaran hewan klasifikasi filum invertebrata kepada peserta didik tingkat SMA mengunakan teknologi augmented reality yang bertujuan meningkatkan minat belajar para siswa, setelah dilakukan survei wawancara rata-rata siswa menunjukkan persentase diatas 50 % bahwasannya jika menggunakan aplikasi untuk memudahkan dalam proses belajar mengajar itu bisa menarik minat belajar para siswa-siswi. Berdasarkan identifikasi masalah yang sudah disebutkan diatas, maka dibuat sebuah aplikasi pembelajaran tambahan berbasis android yang menggunakan teknologi augmented reality sehingga dapat menampilkan objek tiga dimensi yang diinginkan beserta informasi objek dan juga memiliki kuis tambahan sehingga diharapkan meningkatkan minat belajar para siswa yaitu Aplikasi Perancangan Media Pembelajaran Biologi Klasifikasi Filum Invertebrata Untuk Siswa SMA Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Human-centered computing > Human computer interaction (HCI) > Interaction paradig > Augmented Reality |
Divisions: | Engineering Sciences |
Depositing User: | Unnamed user with username editor_perpustakaan |
Date Deposited: | 13 Jun 2025 08:52 |
Last Modified: | 13 Jun 2025 08:52 |
URI: | http://repository.stiki.ac.id/id/eprint/2381 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |