PENGEMBANGAN GAME SEJARAH PERANG GANTER MENGGUNAKAN CONSTRUCT 3 BERBASIS MOBILE

SUSANTO, ADE YOSI (2025) PENGEMBANGAN GAME SEJARAH PERANG GANTER MENGGUNAKAN CONSTRUCT 3 BERBASIS MOBILE. Sarjana thesis, Universitas Bhinneka Nusantara.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (497kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (454kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (907kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (138kB)
Official URL: https://ubhinus.ac.id

Abstract

Pembelajaran sejarah di sekolah umumnya masih menggunakan metode ceramah dan buku teks. Cara ini sering dianggap monoton sehingga siswa kurang tertarik dan sulit memahami materi secara mendalam. Salah satu peristiwa penting yang perlu dikenalkan secara interaktif adalah Perang Ganter, pertempuran antara Kerajaan Singasari di bawah Ken Arok melawan Kerajaan Kediri di bawah Raja Kertajaya. Perang ini berperan penting karena menandai runtuhnya Kediri dan berdirinya Singasari sebagai kekuatan baru di Jawa Timur. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana mengembangkan media pembelajaran sejarah yang lebih menarik, interaktif, serta sesuai dengan generasi digital. Solusi yang ditawarkan adalah pengembangan game edukasi berbasis Android menggunakan Construct 3. Game dirancang dengan genre platformer dan memanfaatkan rule-based system untuk mengatur perilaku musuh, transisi level, dan sistem poin. Aturan ini membuat interaksi dalam game lebih realistis, seperti musuh yang menyerang saat pemain mendekat atau gerbang level yang terbuka setelah semua musuh dikalahkan. Tahapan penelitian meliputi perencanaan, perancangan, implementasi, dan pengujian. Proses uji coba dilakukan dengan Black Box Testing, yang berfokus pada fungsionalitas aplikasi. Hasil pengujian menunjukkan seluruh fitur utama, termasuk kontrol karakter, sistem serangan, navigasi menu, dan transisi antar level berjalan sesuai dengan rancangan. Penelitian ini membuktikan bahwa pengembangan game edukasi sejarah menggunakan Construct 3 dengan pendekatan platformer dan rule-based system dapat menghadirkan media pembelajaran alternatif yang efektif, menarik, serta relevan dengan kebutuhan siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Game > Educative Game
Depositing User: Unnamed user with username editor_perpustakaan
Date Deposited: 05 Dec 2025 09:17
Last Modified: 05 Dec 2025 09:17
URI: http://repository.stiki.ac.id/id/eprint/2484

Actions (login required)

View Item View Item