Julio Menahemi Psalmoi, Julio Menahemi Psalmoi (2016) APLIKASI GAME SEJARAH MALANG DENGAN MEMANFAATKAN CORONA GAME ENGINE BERBASIS ANDROID. Sarjana thesis, SEKOLAH TINGGI INFORMATIKA DAN KOMPUTER INDONESIA MALANG.
|
Text
3 HALAMAN JUDUL.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
5 ABSTRAK.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text
13 BAB I.pdf Download (59kB) | Preview |
|
Text
14 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
||
Text
15 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
||
Text
16 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
17 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (22kB) |
Abstract
Kata Kunci : Aplikasi Mobile, Sejarah, Permainan Navigasi, Global Posisioning System, Longitude, Latitude, Tujuan. Sejarah merupakan unsur penting dalam suatu daerah khususnya di kota Malang. Banyak tempat-tempat yang memiliki unsur sejarah yang terdapat di kota Malang namun masyarakat kurang mamahami dan memiliki perhatian terhadap tempat-tempat tersebut. Disamping itu, kurang adanya wadah dan pemandu yang memudahkan serta menarik masyarakat untuk mengenal lebih jauh lagi tentang lokasi-lokasi yang memiliki unsur sejarah di kota Malang merupakan masalah tersendiri. Contohnya di daerah Gereja Katedral, masyarakat hanya sering melewati dan lalu lalang melewati tempat tersebut tanpa adanya rasa ingin tahu dan rasa perhatian terhadap apa yang ada di dalam tempat tersebut. Oleh karena itu, dengan adanya aplikasi ini maka diharapkan akan membantu permasalahan yang ada. Perpaduan antara aplikasi, permainan dan GPS (Global Positioning System) merupakan konsep yang penulis rancang untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Dengan adanya perpaduan dua unsur tersebut, maka aplikasi ini mengharuskan pemain untuk memainkan permainan ini pat pada lokasi yang sebenarnya. Aplikasi ini membuat pemain akan dibantu dengan peta yang menunjukkan lokasi tujuan untuk memainkan permainan. Aplikasi ini memanfaatkan teknologi LBS (Location Based Service). Teknologi ini memanfaatkan teknologi lain yang terdapat pada perangkat mobile, yaitu GPS yang merupakan teknologi penunjuk arah dan lokasi. Disamping itu, adanya deskripsi yang ada setelah memainkan serangkaian permainan pada setiap lokasi, deskripsi tersebut berisi tentang cerita masa lampau pada setiap lokasi yang mungkin masyarakat belum banyak mengetahui sebelumnya. Dengan adanya deskripsi tersebut, diharapkan dapat menambah rasa ingin tahu masyarakat. Tujuan akhir yang diharapkan adalah masyarakat dapat memperoleh sedikit wawasan dan pengetahuan mengenai sejarah serta mengetahui tempat sebenarnya pada lokasilokasi yang memiliki unsur sejarah di Kota yang mungkin masyarakat belum banyak mengetahui sebelumnya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Game > Educative Game |
Divisions: | Engineering Sciences |
Depositing User: | Mochamad Bagus |
Date Deposited: | 09 Feb 2017 07:01 |
Last Modified: | 09 Feb 2017 07:06 |
URI: | http://repository.stiki.ac.id/id/eprint/73 |
Actions (login required)
View Item |