PENGENALAN HURUF HIJAIYAH DI TPQ AL-IRSYAD LOWOKDORO MALANG UNTUK ANAK USIA DINI MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID

Satrio, Aji Siswanto Putro (2021) PENGENALAN HURUF HIJAIYAH DI TPQ AL-IRSYAD LOWOKDORO MALANG UNTUK ANAK USIA DINI MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID. Sarjana thesis, Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (31kB)
[img] Text
BAB I.docx
Restricted to Registered users only

Download (44kB)
[img] Text
BAB II.docx
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Registered users only

Download (29kB)
Official URL: https://stiki.ac.id

Abstract

Sejak zaman dahulu, umat Islam di seluruh dunia telah menggunakan huruf hijaiyah atau Arab untuk membaca Al-Qur'an. Mempelajari huruf hijaiyah adalah langkah awal dalam membaca kitab suci Al-Qur'an. Untuk meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah anak usia dini perlu dipilih metode atau media pembelajaran yang tepat dan strategi yang baik, karena sangat berperan penting dalam proses pembelajaran. Untuk itu diperlukan media tambahan untuk membantu meningkatkan minat belajar, juga dapat memberikan gambaran visual materi dan memberikan edukasi tentang huruf hijaiyah untuk anak usia dini, salah satunya melalui media aplikasi edukasi dengan menggunakan teknologi augmented reality. Ini akan menghasilkan objek huruf hijaiyah tiga dimensi, membuat proses pembelajaran lebih interaktif dan edukatif. Dengan menggunakan metode marker augmented reality, pengguna dapat memilih target mereka sendiri untuk menampilkan objek tiga dimensi. Dalam aplikasi ini pengguna dapat mempelajari huruf hijaiyah disertai suara pengucapannya dan di sertai fitur tunarungu, untuk membantu anak-anak yang tidak dapat mendengar, sehingga anak-anak tunarungu dapat mengenal huruf hijaiyah dengan lebih mudah. Pengguna juga dapat melatih ingatan huruf hijaiyah melalui fitur kuis yang telah disediakan, dan juga terdapat fitur video pembelajaran untuk menarik minat belajar anak usia dini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Applied computing > Education
Divisions: Engineering Sciences
Depositing User: Unnamed user with username editor_perpustakaan
Date Deposited: 11 Apr 2022 08:16
Last Modified: 11 Apr 2022 08:18
URI: http://repository.stiki.ac.id/id/eprint/1682

Actions (login required)

View Item View Item