YONESCYNTHIA, ALDA PRATHASYA (2020) MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN BAHASA KOREA UNTUK PEMULA BERBASIS WEB. Sarjana thesis, Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia.
Text
ABSTRAK.docx Download (23kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (53kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (81kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (601kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (911kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (21kB) |
Abstract
Bahasa Korea memiliki bentuk dan pengucapan sendiri. Ketika seseorang ingin belajar bahasa Korea, tentu akan dimulai dengan mempelajari bentuk dan pengucapan dari huruf Korea tersebut. Sumber belajar dapat berasal dari buku, guru, teman, bahkan sebuah teknologi. Adanya kemajuan teknologi membantu proses belajar menjadi lebih mudah dan fleksibel. Saat ini banyak platform yang dijadikan media pembelajaran seperti, website, aplikasi, bahkan sosial media youtube bahkan instagram. Untuk itu pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran bahasa Korea sangat dimungkinkan. Penerapan algoritma template matching sebagai pendeteksi tulisan dapat membantu proses pembelajaran bahasa Korea. Dengan algoritma ini, memungkinkan proses deteksi tulisan pengguna dengan citra atau gambar yang sudah tersimpan, kemudian dicocokkan apakah sudah benar atau masih kurang tepat. Dari hasil penelitian dan pengujian media pembelajaran bahasa Korea untuk pemula berbasis web dapat dijalankan. Sebagai fitur tambahan belajar menulis, algoritma template matching yang diterapkan dapat mendeteksi tulisan, kemudian melakukan proses matching dengan template yang sudah ada. Algortima template matching yang diterapkan dalam penelitian berikut menggunakan library dari OpenCV.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Applied computing > Education |
Divisions: | Engineering Sciences |
Depositing User: | Unnamed user with username editor_perpustakaan |
Date Deposited: | 19 Jan 2022 03:23 |
Last Modified: | 19 Jan 2022 03:29 |
URI: | http://repository.stiki.ac.id/id/eprint/1642 |
Actions (login required)
View Item |