PENGENALAN WAYANG KULIT MENGGUNAKAN TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY BERBASIS MOBILE

I Made, Rama Pratama (2021) PENGENALAN WAYANG KULIT MENGGUNAKAN TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY BERBASIS MOBILE. Sarjana thesis, Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia.

[img] Text
171111043.pdf

Download (14MB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (35kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (76kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (5MB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (33kB)
Official URL: https://stiki.ac.id

Abstract

Wayang kulit merupakan kebudayaan asli Indonesia yang telah diakui oleh UNESCO pada tahun 2003 lalu. Sebagai generasi penerus bangsa, masyarakat Indonesia sebaiknya dapat melestarikan kebudayaan indonesia agar tidak punah atau dicuri negara lain. Hal tersebut membuat peneliti mendapat ide bahwa diperlukan suatu cara untuk melestarikan kebudayaan kepada masyarakat dengan cara yang mudah dipahami yaitu dengan menciptakan aplikasi pengenalan wayang kulit pada telepon pintar (smartphone) dengan menggunakan teknologi realita virtual. Pada penelitian ini, peneliti menerapkan prosedur penelitian Software Development Life Cycle (SDLC) Waterfall dan melakukan pengumpulan data dengan cara observasi dan studi kepustakaan. Peneliti menggunakan software Unity 3D sebagai game engine dan Blender sebagai pemodelan objek 3D. Konsep dasar aplikasi ini adalah pengguna akan berada di suatu ruangan maya yang terdapat beberapa wayang kulit di dalamnya sehingga pengguna dapat merasakan suasana yang ada di galeri wayang kulit. Aplikasi ini memiliki 3 fitur utama yaitu: melihat wayang kulit, membaca informasi wayang kulit dan memegang wayang kulit. Untuk menjalankan aplikasi ini, pengguna disarankan untuk menggunakan kacamata VR dan remote VR agar aplikasi dapat dijalankan dengan lebih baik. Peneliti berharap aplikasi ini dapat digunakan sebagai media pengenalan wayang kulit untuk masyarakat indonesia khususnya kepada para generasi muda atau pelajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Android > Natural history
Divisions: Engineering Sciences
Depositing User: Unnamed user with username editor_perpustakaan
Date Deposited: 19 Apr 2022 01:56
Last Modified: 01 Jul 2024 05:59
URI: http://repository.stiki.ac.id/id/eprint/1695

Actions (login required)

View Item View Item