PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN AIR BERSIH BERBASIS WEB UNTUK PENINGKATAN LAYANAN DI DESA NGANTRU

Mariska Serly, Dianti (2024) PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN AIR BERSIH BERBASIS WEB UNTUK PENINGKATAN LAYANAN DI DESA NGANTRU. Sarjana thesis, Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia.

[img] Image
181116001_Mariska Serly Dianti.jpg

Download (434kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (355kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (398kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (335kB)
Official URL: https://stiki.ac.id

Abstract

Website memungkinkan untuk memberi kemudahan akses bagi setiap pengguna karena terhubung melalui internet sehingga dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Saat ini pengelolaan air bersih di Desa Ngantru, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang dikelola sendiri oleh pihak desa dengan nama lembaga "HIPPAMS Tirta Lestari". Dari sistem yang ada saat ini muncul beberapa permasalahan seperti keterlambatan pembuatan tagihan dan laporan karena proses pengelolaan data yang melalui banyak tahapan, kemudian permasalahan kedua yaitu ketika ada pengaduan dari pelanggan mengenai tagihan, yang terjadi adalah admin tidak dapat melakukan pengecekan pengaduan tersebut pada data yang sebenarnya, karena admin tidak mengetahui harus mengecek pada data yang mana, sehingga untuk perubahan data hanya diperkirakan seperti tagihan sebelumnya saja, permasalahan lainnya mengenai tidak tersedianya informasi jadwal perbaikan kerusakan dan pengumuman. Sehingga dari permasalahan tersebut dirancang sebuah sistem informasi berbasis web menggunakan metode RAD yang menekankan kecepatan dalam pengembangannya. Sistem informasi ini terdiri dari 4 role yaitu Admin, Petugas Lapangan, Petugas Pembayaran, dan Pelanggan. Hasil pengujian memperoleh 100% berhasil pada setiap role yang telah diujikan menggunakan metode blackbox testing. Dari berbagai fitur yang telah dibuat, dapat memudahkan Lembaga karena setiap role yang terlibat memiliki akses masing-masing untuk melakukan pekerjaan mereka dan datanya sudah tersinkron dalam satu database. Sehingga dari segi pelayanan administrasi pembuatan tagihan oleh admin menjadi lebih efektif dan efisien, serta dengan adanya dashboard maka dapat digunakan sebagai penunjang keputusan dalam lembaga. Selain itu penambahan fitur pengumuman dan komplain maka dapat membantu pelanggan dalam mendapat layanan informasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Information system > Data management systems
Divisions: Engineering Sciences
Depositing User: Unnamed user with username editor_perpustakaan
Date Deposited: 13 Nov 2024 09:34
Last Modified: 13 Nov 2024 09:34
URI: http://repository.stiki.ac.id/id/eprint/2305

Actions (login required)

View Item View Item