Joshua, Lorenzo Andre (2017) PENGEMBANGAN GAME VIRTUAL REALITY BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN UNITY SEBAGAI MEDIA PENUNJANG PENGENALAN BAHASA INGGRIS. Sarjana thesis, Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia (STIKI) Malang.
Text
ABSTRAK.docx Download (14kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (59kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (15kB) |
Abstract
Kata Kunci: virtual reality, android, google cardboard, unity3d, bahasa inggris Perkembangan teknologi membuat dunia memanfaatkan teknologi pada dunia edukasi, saat ini terdapat beberapa perubahan trend pada digital education, salah satu trend tersebut adalah edukasi yang memanfaatkan teknologi Augmented Reality dan Virtual Reality. Virtual reality merupakan teknologi yang mengijinkan seorang pengguna untuk berinteraksi dengan sebuah lingkungan yang disimulasikan oleh komputer. Teknologi tersebut mengijinkan pengguna untuk berinteraksi di dalam dunia virtual. Salah satu edukasi atau pendidikan yang wajib dipelajari salah satunya ialah bahasa Inggris, karena bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan antar negara. Survei mengatakan bahwa 88% mahasiswa menyatakan bahwa smartphone membantu kegiatan belajar dan 85% dari pengajar setuju bahwa virtual reality akan memiliki efek positif. Unity 3D merupakan game engine cross-platform yang dikembangkan oleh Unity Technologies yang mendukung grafis 2D maupun 3D. Unity 3D dapat mengimplementasikan teknologi Virtual Reality sederhana yang ditujukan pada platform android, berupa game edukasi pengenalan bahasa Inggris dengan cara memanfaatkan Source Development Kit yang disediakan oleh Google bernama Google Cardboard SDK untuk membuat aplikasi virtual reality. Maka dari itu, penelitian ini bermaksud untuk mengembangkan sebuah game edukasi bahasa Inggris dengan memanfaatkan teknologi virtual reality yang diterapkan pada smartphone android menggunakan Unity 3D. Dari latar belakang tersebut dapat diambil masalah yaitu “Bagaimana mengembangkan game virtual reality berbasis android menggunakan Unity sebagai media penunjang pembelajaran bahasa Inggris?” Adapun tujuan dari penelitian yaitu menunjukkan kemampuan Unity 3D sebagai game engine untuk menerapkan teknologi virtual reality pada platform android. Pada akhir hasil pengujian aplikasi menggunakan metode black box, dapat disimpulkan bahwa aplikasi berjalan sesuai yang diharapkan oleh peneliti, mulai dari splash screen, menu awal, hingga 5 level permainan, beserta dengan elemen lain di dalam permainan. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa teknologi virtual reality dapat diimplementasikan menjadi sebuah game edukasi pada platform android dengan menggunakan Unity 3D sebagai game engine-nya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Applied computing > Education |
Divisions: | Engineering Sciences |
Depositing User: | Unnamed user with username editor_perpustakaan |
Date Deposited: | 27 Mar 2019 08:00 |
Last Modified: | 14 Oct 2024 03:03 |
URI: | http://repository.stiki.ac.id/id/eprint/240 |
Actions (login required)
View Item |