PERANCANGAN ANIMASI 2D DENGAN STUDI CERITA GUNUNG KELUD DAN LEMBU SURO

Sherlya Bella, Ardanesya (2023) PERANCANGAN ANIMASI 2D DENGAN STUDI CERITA GUNUNG KELUD DAN LEMBU SURO. Sarjana thesis, Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (330kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (417kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (746kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (953kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (214kB)
Official URL: https://stiki.ac.id

Abstract

Legenda merupakan suatu cerita rakyat yang dianggap benar-benar terjadi yang ceritanya itu dihubungkan dengan tokoh sejarah dan juga dilengkapi dengan keajaiban, kesaktian, serta keistimewaan tokohnya. Namun, seiring berjalannya waktu legenda mulai terlupakan, salah satunya ialah legenda yang terkenal di wilayah Kediri, Jawa Timur yaitu Legenda Gunung Kelud dan Lembu Suro. Hal ini dikarenakan cerita legenda dianggap sudah tidak relevan lagi dengan era globalisasi yang modern. Dengan berdasar pada observasi dan wawancara pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Kediri, serta melakukan kajian terhadap beberapa artikel yang relevan dengan topik penelitian, penulis membuat animasi 2D dengan studi cerita Legenda Gunung Kelud dan Lembu Suro yang ditujukan kepada anak- anak berusia 8-12 tahun. Animasi 2D yang akan dirancang penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis data 5W+1H dan metode perancangan menggunakan Desain Thinking yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu, Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Testing. Dengan adanya perancangan ini diharapkan kepada para generasi penerus untuk dapat melestarikan cerita rakyat yang ada di Indonesia, jangan sampai terlupakan oleh kemajuan zaman karena setiap cerita rakyat memiliki nilai moral maupun kearifan budaya yang harus dilestarikan. Dengan adanya penelitian yang sudah dilakukan, menunjukkan 16 anak yang sudah menonton animasi 2D dan mengisi kuesioner mengenai pemahaman terhadap animasi yang sudah dirancang, 88,125% dapat mengenali serta memahami legenda yang diceritakan dalam animasi 2D tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Computing methodologies > Computer graphics
Divisions: Visual Communication Design
Depositing User: Unnamed user with username editor_perpustakaan
Date Deposited: 15 Aug 2024 01:48
Last Modified: 15 Aug 2024 01:48
URI: http://repository.stiki.ac.id/id/eprint/2243

Actions (login required)

View Item View Item