PERANCANGAN MEDIA PROMOSI DIGITAL BATIK SITUBONDO OLEH DINAS KOPERASI, PERDAGANGAN DAN PERINDUSTRIAN KABUPATEN SITUBONDO

Farah Salsabila, Fauzi (2022) PERANCANGAN MEDIA PROMOSI DIGITAL BATIK SITUBONDO OLEH DINAS KOPERASI, PERDAGANGAN DAN PERINDUSTRIAN KABUPATEN SITUBONDO. Sarjana thesis, Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (329kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (624kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (296kB)
Official URL: https://stiki.ac.id

Abstract

Batik Situbondo telah ada sejak tahun 1970-an, mengalami periode baru pada tahun 1994. Batik ini baru dikenal luas pada tahun 2011. Hingga saat ini promosi tidak dapat dilakukan secara maksimal dan berkala. Akun instagram @punya_situbondo yang baru dikelola pada November 2020, melakukan upload tentang Batik Situbondo setahun sekali. Terdapat data IKM batik pada tahun 2015, tercatat 19 perajin Batik Situbondo namun hanya 6 perajin aktif yang masih memproduksi batik. Sehingga diperlukan perancangan visual yang memanfaatkan media digital sebagai media penyampainnya guna mempromosikan dan menarik perhatian masyarakat tentang Batik Situbondo. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumen. Analisis data yang digunakan adalah Analisis SWOT untuk menganalisis competitor. Sedangkan metode perancangan yang digunakan adalah design thinking dari David Kelley. Melihat permasalahan yang ada solusi yang diberikan adalah melakukan perancangan promosi digital dengan mempertimbangkan strategi kreatif yang dapat menarik audience terhadap produk Batik Situbondo. Strategi yang digunakan adalah merancang Feed Instagram sebagai media utama, dilengkapi dengan video reels yang merupakan bagian dari feed instagram, poster, video youtube, video tiktok, web banner, dan merchandise sebagai media pendukung. Sehingga di dapatkan beberapa saran seperti diperlukan adanya konten terjemahan dalam bahasa yang berbeda agar Batik Situbondo dapat dikenal audience internasional, diperlukan juga pengembangan tata letak dan konten dengan lebih kreatif agar audience dapat lebih tertarik. Hasil uji coba dari 50 responden, memiliki tingkat keterbacaan yang baik, tingkat kemenarikan visual, foto dan ilustrasi baik, kegunaan media pendukung baik sehingga media yang dihasilkan menarik dan mudah dipahami oleh audience.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Computing methodologies > Computer graphics
Divisions: Visual Communication Design
Depositing User: Unnamed user with username editor_perpustakaan
Date Deposited: 16 Aug 2024 08:58
Last Modified: 16 Aug 2024 08:58
URI: http://repository.stiki.ac.id/id/eprint/2252

Actions (login required)

View Item View Item