PERANCANGAN DESAIN KARAKTER MASKOT SMK NEGERI 6 BALIKPAPAN SEBAGAI MEDIA BRANDING

Dian Aprilia, Putri (2023) PERANCANGAN DESAIN KARAKTER MASKOT SMK NEGERI 6 BALIKPAPAN SEBAGAI MEDIA BRANDING. Sarjana thesis, Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (278kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (476kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (540kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (359kB)
Official URL: https://stiki.ac.id

Abstract

Dampak dari perpindahan Ibu Kota Negara baru di penajam paser Utara membuat pengaruh positif bagi perkembangan kota hingga peningkatan penduduk yang terjadi, sehingga menjadikan sebuah peluang bagi sekolah untuk menciptakan inovasi sebagai kebanggaan tersendiri dan pengembangan sekolah. SMK Negari 6 Balikpapan merupakan sebuah sekolah negeri yang memfokuskan pada bidang teknologi dan mesin, yang telah berdiri dari tahun 2012. SMK Negeri 6 berlokasi cukup dekat dengan lokasi perpindahan Ibu Kota Negara baru tersebut, sehingga memicu untuk meningkatkan kualitas sekolah. Salah satu inovasi yang dilakukan adalah media promosi sekolah, Namun saat ini belum memiliki media promosi identitas khusus untuk kepentingan kegiatan sekolah. Oleh sebab itu, dirancang sebuah maskot yang mampu untuk menarik perhatian dan lebih mudah untuk diingat publik melalui penampilan visual maskot dan dapat dimanfaatkan sebagai media untuk berkomunikasi dengan publik sehingga dapat berperan dalam membangun lembaga SMK Negeri 6 Balikpapan menjadi lebih kuat. Metode yang digunakan menggunakan metode Amy E. Arntson terdiri dari 6 tahapan perancangan yaitu, Research/ pengumpulan data dengan studi dokumen, wawancara, kuesioner dan menganalisis data tersebut. Thumbnails/ melakukan eksplorasi pengembangan ide, Roughs melakukan sketsa kasar serta pemilihan visual, Comprehensives dengan melakukan visualisasi secara digital, Presentation melakukan konsultasi kepada klien dan melakukan uji coba validasi dan ready for press melakukan perancangan implementasi media. Perancangan ini akan menghasilkan maskot yang bernama Gala Bear yang di rancang berdasarkan bentuk anatomi yang mirip manusia dengan perpaduan bentuk beruang madu sebagai hewan khas Balikpapan. Perancangan ini juga menghasilkan implementasi media berupa standie, poster, x-banner, merchandise, acrylic trophy dan baju. Melalui implementasi media tersebut akan lebih efektif dan dapat menarik perhatian untuk pengenalan maskot sekolah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Computing methodologies > Computer graphics
Divisions: Visual Communication Design
Depositing User: Unnamed user with username editor_perpustakaan
Date Deposited: 21 Aug 2024 01:38
Last Modified: 21 Aug 2024 01:38
URI: http://repository.stiki.ac.id/id/eprint/2257

Actions (login required)

View Item View Item