PERANCANGAN KONTEN KAMPANYE SOSIAL UNTUK MEMBANGUN CITRA POSITIF PETANI

Krisna, Widiatmojo (2024) PERANCANGAN KONTEN KAMPANYE SOSIAL UNTUK MEMBANGUN CITRA POSITIF PETANI. Sarjana thesis, Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia.

[img] Text
ABTRAK.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (517kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (260kB)
Official URL: https://stiki.ac.id

Abstract

Penelitian ini berfokus pada perancangan konten kampanye sosial yang bertujuan untuk membangun citra positif petani padi di kalangan generasi muda. Observasi dan wawancara dengan petani di Dusun Bunut, Kelurahan Tunjungtirto, serta survei terhadap mahasiswa, mengungkapkan bahwa profesi petani padi masih dipandang sebelah mata oleh masyarakat, terutama generasi muda. Persepsi ini dipengaruhi oleh stereotip tentang pertanian sebagai pekerjaan yang kotor, melelahkan, tidak menguntungkan, dan kurang bergengsi. Kampanye sosial ini dirancang untuk mengatasi masalah ini dengan mengubah persepsi negatif, membangkitkan kesadaran, dan apresiasi terhadap profesi petani padi, serta mendorong regenerasi petani. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metodologi Design Thinking, yang melibatkan tahapan empati, definisi, ideasi, pembuatan prototipe, dan pengujian. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan petani, observasi di lapangan, serta studi literatur yang relevan. Hasil penelitian berupa 12 poster kampanye sosial yang menggunakan metafora visual untuk menyampaikan pesan-pesan positif tentang profesi petani padi. Poster-poster ini menggabungkan elemen visual yang menarik dengan teks yang informatif dan inspiratif. Uji validitas oleh ahli media dan ahli materi menunjukkan bahwa poster kampanye sosial ini dapat menyampaikan pesan dan mencapai tujuan kampanye. Selain itu, umpan balik dari audiens target juga menunjukkan tingkat penerimaan dan apresiasi yang tinggi terhadap poster-poster tersebut. Dengan demikian, kampanye sosial ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam membangun citra positif petani padi, memotivasi generasi muda untuk tertarik dengan sektor pertanian, dan mendorong regenerasi petani yang berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Computing methodologies > Computer graphics
Divisions: Visual Communication Design
Depositing User: Unnamed user with username editor_perpustakaan
Date Deposited: 19 Sep 2024 03:31
Last Modified: 19 Sep 2024 03:31
URI: http://repository.stiki.ac.id/id/eprint/2268

Actions (login required)

View Item View Item